B. KURNIA P.P. KABANJAHE. Bupati Karo (Terkelin Brahmana SH) melakukan Sidak ke Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Karo [Rabu 17/1]. Sidak bupati kali ini bertujuan mengecek kesiapan basis kinerja ASN (Aparatur Sipil Negara). Bupati disambut langsung oleh Kadis Pertanian (Sarjana Purba) didampingi Sekretaris (Munarta Ginting) dan beberapa kepala bidang di ruang Kantor Kepala Dinas Jl. Veteran, Kabanjahe.

Kunjungan Bupati Karo terkesan mendadak. Begitu memasuki Kantor Dinas Pertanian, belia langsung memberikan pengarahan dan masukan mulai dari kepala dinas, sekretaris, dan Kabid.




Ke depannya, jika memungkinkan anggarannya, kiranya Kantor Dinas Pertanian dibenahi. “Ke dua, mental ASN harus berbasis kerja. Kenapa saya katakan demikian, karena zamannya bukan lagi santai-santai dan bukan lagi like dan dislike (suka dan tidak suka),” ujar Terkelin dalam rapat mendadak itu.

Lebih lanjut Bupati mengingatkan kepada Sarjana Purba agar mengontrol kinerja SKPD-nya. Jika ada yang menyimpang sesuai tupoksinya dan tidak profesionalisme, Kepala Dinas disarankan membuatkan “reward and punishmen” dengan cara yang bersangkutan membuat surat pernyataan di atas materai 600 dan mencantumkan alasan kinerjanya. Dasar inilah kelak menjadi pertimbangan pergeseran dan penyegaran jabatan sesuai PP 54 /2017, dimana masing-masing Kadis sudah dapat mengajukan ke kepegawaian daerah untuk pengusulan diganti sesuai basis kinerja, sehingga tidak ada istilah suka atau tidak.




“Sekarang zamannya tidak boleh seperti zaman dulu dimana, jika pemimpin tidak suka, langsung diganti. Sekarang ada aturan main berbasis ASN. Saya kira Bapak/ Ibu sekalian tahu itu. Sebab pengangkatan ASN tidak terlepas dari PP 54 Tahun 2017. Oleh karena itu, bekerjalah sesuai dengan tupoksi dan aturan yang ada,” tandas Terkelin Brahmana.

Di akhir rapat, Bupati Karo mengucapkan terimakasih kepada Kadis Pertanian atas sambutannya.

Walau terkesan mendadak bukan untuk sengaja mencari kesalahan, tapi saya ingin mencoba melihat kesiapan bapak/ibu sekalian. Ternyata apa yang saya lihat sangat memuaskan. Oleh sebab itu selamat bekerja dan tingkatkan pelayanan lebih baik kepada masyarakat,” tutup Bupati Karo.





Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.