JEBTA B. SITEPU. TEBING TINGGI: Dalam kunjungan kerjanya di Sumatera Utara, Menteri Keuangan (Sri Mulyani), Menteri PU (PR Basuki Hadimuldjono) dan Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi) didampingi Gubernur Sumut (Tengku Erry Nuradi), selain meninjau pembangunan infrastruktur kereta api dan pelabuhan, juga meninjau persiapan jalan tol di Tebing Tinggi. Rombongan melakukan peninjauan dengan menggunakan helikopter  [Rabu 17/1].

Jalan tol Trans Sumatera (Binjai-Medan-Deli Serdang-Serdang Bedagai-Tebing Tinggi) ini telah hampir rampung dalam pengerjaannya. Seiring dengan itu, akan dimulai tol Tebing Tinggi-Parapat.




Menteri PU PR Basuki Hadimuldjono menyebutkan, pengerjaan Jalan Tol di Sumatera Utara tidak ada hambatan walaupun ada telah dapat diatasi dengan segera.

Sementara Menteri Perhubungan Budi Karya menjelaskan bahwa pembangunan di Sumatera Utara melibatkan swasta seperti jasa bank dan tahun ke-5 akan diganti oleh pemerintah.

Menurutnya, setelah Binjai-Tebing, akan ada lanjutan pembangunan 800 Km dari Tebing Tinggi-Parapat dan 140 Km dari Belawan-Kuala Tanjung sebagai koridor.

Sedangkan Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa pembangunan sarana jalan tol dan kereta api harus meningkatkan kekuatan perekonomian di Sumatera Utara.

Menurutnya, pembangunan dapat melibatkan perusahaan berupa jasa bank sehingga pembangunan dapat terlaksana dengan baik dan tepat waktu.

Terkait dengan pasokan listrik di Sumatera Sri Mulyani menanyakan langsung kepada Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi dan menjawab bahwa pasokan listrik di Sumatera Utara telah teratasi dengan baik.

Gubsu Tengku Erry Nuradi menyebutkan ruas jalan tol maupun kereta api yang menghubungkan Bandara Kualanamu-Pelabuhan Kuala Tanjung hingga objek wisata Danau Toba tentunya meningkatkan perekonomian masyarakat Sumatera Utara dan berharap rencana pembangunan jalan tol Medan-Berastagi di Kabupaten Karo dapat terlaksana.








Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.