B. KURNIA P.P. KABANJAHE. Pemkab Karo berikan Penghargaan Desa Terbaik dan serahkan Bantuan Modal bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Penghargaan ini diserahkan oleh Bupati Karo (Terkelin Brahmana SH) didampingi oleh Wakil Bupati Karo (Cory Sebayang), Sekdakab Karo (Kamperas Terkelin Purba) dan Kadis PMD (Abel Tarigan) di Aula Kantor Bupati Karo di Jl. Jamin Ginting 17 Kabanjahe kemarin [Kamis 18/1].

Penghargaan ini diberikan kepada desa dengan penilaian Pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Desa terbaik. Penilaiannya menggunakan instrumen penilaian sesuai masukan beberapa OPD terkait di Kabupaten Karo dengan memberikan nilai skor indikator pada instrumen yang digunakan.

Adapun desa-desa terbaik adalah:

Juara I Desa Merdeka (Kecamatan Merdeka)

Juara II Desa Juhar Tarigan (Kecamatan Juhar)

Juara III Desa Beganding (Kecamatan Simpang Empat).

Juara Harapan I, diraih oleh Desa Lau Gumba (Kecamatan Berastagi)

Juara Harapan II Desa Lau Simomo *Kecamatan Kabanjahe)

Juara Harapan III, Desa Kutabuluh Gugung (Kecamatan Kutabuluh).




BUMDes

Pemberian bantuan modal BUMDes ini dilakukan atas dasar verifikasi dan mempedomani juknis dan instrumen dari Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Atas usulan Pemerintah Kabupaten Karo maka ditetapkan 4 BUMDes yang layak menerima bantuan permodalan dari Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia yakni: a.l. 1. BUMDes Lau Nabar Simalem (Desa Kutabuluh Gugung, Kecamatan Kutabuluh), 2. Bumdes Deleng Simole (Desa Kutabuluh, Kecamatan Kutabuluh), 3. BUMDes Lagasima (Desa Ujung Deleng, Kecamatan Kutabuluh) dan 4. BUMDes Merga Silima (Desa Bunga Baru, Kecamatan Tigabinanga).

Bupati Karo (Terkelin Brahmana SH) dalam sabutannya mengucapkan selamat kepada desa-desa yang memperoleh penghargaan dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan desa dan bantuan permodalan BUMDes 2017.

“Semoga prestasi ini tidak hanya prestasi sesaat, namun bisa dipertahankan di masa mendatang dan dapat menjadi stimulan bagi desa-desa lain di Kabupaten Karo untuk bersama-sama melakukan yang terbaik demi kemajuan dan kepentingan masyarakat di Tanah Karo Simalem ini,” kata Tekelin.

Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan OPD, para Camat se Kabupaten Karo, Kepala Desa, perangkat Desa serta Pengurus BUMDes.

FOTO HEADER: Ladang cabai merah di Desa Merdeka (Kecamatan Merdeka) (Foto: Medan Bisnis Daily)








Leave a Reply