Harga Tomat Menukik Terus di Binjai

0
322

BETTY ARUM. BINJAI. Banjir tomat membuat harganya terus menurun dalam 2 hari terakhir ini. 2 hari lalu [Kamis 18/1], harga tomat di Pasar Tavip, Binjai, Rp. 8 ribu/ Kg. Kemarin [Jumat 19/1] turun ke harga Rp. 6 ribu/ Kg. Hari ini [Sabtu 20/1] turun lagi hingga Rp. 4 ribu/ Kg.

Turunnya harga tomat adalah akibat panen yang membanji dari Dataran Tinggi Karo (Karo Gugung) khususnya sekitar Berastagi dan Langkat Hulu khususnya sekitar Namo Ukur dan Telagah.




Perlu diketahui bahwa akhir-akhir ini pertanian tomat juga semakin semarak di daerah Langkat Hulu, atau disebut Karo Jahe (Karo Hilir) yang mayoritas penduduknya adalah orang-orang Karo. Sehubungan dengan itu, komoditi tomat yang dijual di pasar-pasar tradisional di Binjai sebagian berasal dari Langkat Hulu selain yang tetap sedari dulu datang dari Dataran Tinggi Karo.

Lain dengan harga tomat, sebaliknya, harga cabe merah mengalami kenaikan. Kemarin [Jumat 19/1], cabe merah asal Aceh atau disebut juga Cabe Aceh berharga Rp. 45 ribu/ Kg namun hari ini [Sabtu 20/1] naik menjadi Rp. 47 ribu/ Kg. Sedangkan cabe kotak yang kemarin  berharga Rp. 40 ribu/ Kg, hari ini naik menjadi Rp. 42 ribu/ Kg.

Selebihnya harga sayur mayur di Pasar Tavip Binjai hari ini stabil. Di bawah ini harga beberapa jenis sayur yang sempat dicatat oleh Sora Sirulo di Pasar Tavip Binjai pagi tadi.

Cabe merah Rp. 40 ribu/ Kg

Cabe rawit Rp. Rp. 47 ribu/ Kg

Kol Rp. 15 ribu/ Kg

Tomat Rp. 4 ribu/ Kg

Kentang Rp. 8 ribu/ Kg

Sayur Putih Rp. 450/ Kg

Sayur pait Rp. 4 ratus/ Kg








Leave a Reply