SALMEN SEMBIRING. MEDAN. Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan pemerintahan, pembangunan, perekonomian daerah serta kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Kota Medan menjalin Kerjasama Lintas daerah dengan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang.

Kerjasama ini ditandatangani langsung oleh Walikota Medan (Drs. H T Dzulmi Eldin S MSi) bersama dengan Bupati Deli Serdang H. Ashari Tambunan dalam Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama Lintas Daerah di Heritage Hotel Grand Aston Medan [Rabu 24/1].

Kerjasama kedua daerah yang saling berbatasan ini meliputi beberapa ruang lingkup kesepakatan, yaitu: Pertama, Penanganan banjir dan sampah termasuk pembangunan TPA Sampah Kota Medan yang berada di Kabupaten Deli Serdang. Ke dua, Penataan Pasar/ PK5. Ke tiga, pencegahan/ penanggulangan kebakaran, serta Ke empat, Pembangunan/ rehabilitasi drainase dan infrastruktur yang semua cakupannya berada di daerah perbatasan Kota Medan dengan Kabupaten Deli Serdang.




Dalam sambutannya Walikota Dzulmi Eldin mengucapkan terima kasih kepada Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan serta Pemkab Deli Serdang karena telah membuka ruang untuk menjalin kerjasama dengan Pemko Medan.

Dijelaskan Walikota, kerjasama ini tidak terlepas dari historis dan letak geografis Kota Medan yang dikelilingi oleh Kabupaten Deli Serdang, sehingga dianggap penting untuk Pemko Medan menjalin kerjasama dengan Pemkab Deli Serdang.

“Tentunya kerjasama ini untuk menyelaraskan hubungan kerjasama kedua daerah yang akan berdampak baik bagi kemajuan pembangunan kedua daerah,” kata Walikota Dzulmi Eldin.

Dengan adanya kerjasama ini, program pembangunan kita seperti TPA Sampah bisa segera direalisasi, demikian juga penanganan drainase di daerah berbatasan bisa menyelesaikan permasalahan banjir yang ada, serta program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat lainnya.

Eldin juga menyebutkan bahwa pihaknya akan terus mendukung dan memback up program pembangunan yang berjalan di Kabupaten Deli Serdang yang menurutnya terus bergerak maju menyesuaikan dengan perkembangan global.

“Bentuk dukungan kita akan terus berlanjut kedepannya. Intinya 4 (empat) fokus kerjasama tadi baru pendahuluan saja dan akan terus kita kembangkan. Kita bersyukur daya dukung Deli Serdang ke Kota Medan itu sangat besar sekali dan ini nantinya akan diteruskan dalam program-program kerjasama kedepan yang akan dibangun dengan Pemkab Deli Serdang untuk mewujudkan sinergitas pembangunan demi kesejahteraan masyarakat khususnya daerah perbatasan Medan-Deli Serdang,” imbuh Eldin.

Setelah penandatanganan MoU ini, Walikota langsung memerintahkan Perangkat Daerahnya agar segera menindaklanjutinya dengan Rencana Aksi yang Konkrit sehingga nantinya akan ada kegiatan-kegiatan inovatif yang dilaksanakan secara bersama-sama antara Perangkat Daerah Kota Medan dengan Perangkat Daerah Kab. Deli Serdang.

Sementara itu Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan juga turut menyambut baik kerjasama antara kedua daerah yang saling bertetangga ini dengan berharap bahwa kerjasama yang dibangun ini, bisa saling bersinergis untuk tujuan, visi dan misi kedua daerah.

“Kita sependapat dengan Walikota Medan, bahwa historislah yang membawa hubungan antara Kota Medan dan Kab. Deli Serdang harus lebih erat lagi, dan tentunya dengan kerjasama ini menghasilkan simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan dan membawa manfaat bagi kedua daerah,” ungkap Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan.

Turut hadir dalam penandatanganan MoU tersebut Kakanwil ATR/ BPN Provinsi Sumatera Utara, Bambang Priono, Para Asisten kedua daerah serta Para Pejabat yang ada di lingkungan Pemko Medan dan juga Pemkab Deli Serdang.








Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.