Wali Kota Ajak Umat Muslim Medan Shalat Sunah Gerhana

NATALIE SEMBIRING. MEDAN. Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi) mengajak  umat Muslim Kota Medan melaksanakan Shalat Khusuf (Shalat Gerhana) pada saat terjadinya gerhana bulan besok [Rabu 31/1]. Dipastikan, seluruh wilayah di Indonesia, termasuk Kota Medan akan mengalami gerhana bulan.

Untuk WIB, gerhana bulan diperkirakan terjadi pukul 18.48 WIB, WITA sekitar pukul 19.48 dan WIT sekitar pukul 20.48.




Gerhana bulan ini terjadi karena bulan tertutup bayangan bumi, dimana kondisi ini terjadi karena posisi bumi berada diantara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama. Akibatnya sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi bumi.

Menyikapi terjadinya gerhana bulan tersebut, Wali Kota mengajak seluruh umat Muslim Kota Medan untuk melaksanakan Shalat Sunah Gerhana (Shalat Kusuf). Shalat itu dapat dilakukan secara berjemaah maupun sendirian. Sebab,  gerhana bulan atau yang lebih terkenal dengan istilah supermoon merupakan fenomena alam sebagai salah satu pertanda kebesaran dan kekuasaan Allah SWT.

“Sebagai hamba-Nya, tentunya kita dianjurkan untuk melaksanakan Shalat Sunah Gerhana. Selain menegakkan shalat, Rasullah  juga mengajak umatnya untuk memperbanyak dzikir, istighfar, doa, sedekah serta amal shaliha tak kala peristiwa gerhana bulan terjadi,” kata Wali Kota.

Di samping itu, Wali Kota juga berharap agar seluruh warga juga mendoakan agar Kota Medan tetap aman dan kondusif, serta dijauhkan dari segala bentuk musibah maupun bencana.

“Melalui  doa yang disampaikan itu, insya Allah Kota Medan yang kita cintai ini menjadi rumah kita bersama yang aman, nyaman, tertib, religius dengan masyarakatnya yang sejahtera,” harapnya.








Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.