Bak Film Holywood, Purnawirawan TNI Itu Kejar-kejaran Mobil di Bandarbaru dengan Pencuri Tasnya

0
1661

IMANUEL SITEPU. SIBOLANGIT. Aksi perampokan kian menggila. Kali ini dialami Nabali Ginting (63) warga Jl. Kotacane 318, Kabanjahe. Tas milik purnawirawan TNI ini dirampok oleh 3 pria saat lagi asyik makan di Rumah Makan Sehati, di Desa Bandar Baru (Kecamatan Sibolangit) [Selasa 30/1: sekira 16.00 wib].

Atas kesigapan korban, satu dari ketiga pelaku, diketahui bernama Sirjon Pertama Purba (34l) warga Kelurahan Lau Cih (Medan Tuntungan), akhirnya berhasil ditangkap, meski sempat terjadi aksi kejar-kejaran mobil antara para pelaku dengan korban.

Informasi diperoleh SORA SIRULO, aksi perampokan tersebut berawal saat korban Nabali Ginting dan istrinya datang dari Medan hendak pulang ke kediamanya di Kabanjahe dengan mengendarai mobil Lancrauser B 318 NS. Sesampainya di Desa Bandar Baru, korban lantas membelokan mobilnya menuju Rumah Makan Sehati berencana untuk makan.




Akan tetapi, ketika Nabali Ginting dan istrinya lagi asyik makan, salah satu pelaku datang dari arah belakang dan langsung merampas tas milik korban dan lalu masuk ke dalam Mobil Avanza warna Silver BK 1804 KN.

“Saat itu, tasku itu aku letakan persis di atas kursi tempatku duduk. Dan pelaku menyambarnya,” ujar Nabali Ginting.

Begitu menguasai harta milik korban, berisi uang tunai Rp. 35 juta, 1 lembar cek giro senilai Rp 10 juta, satu gelang emas putih senilai Rp 5 juta, seuntai gelang anak-anak senilai Rp 3,5 juta serta sepasang kerabu berlian senilai Rp 2 juta, pelaku Sirjon  Purba bersama rekannya Andi Tarigan, Mohang Sembiring (berhasil meloloskan diri) langsung tancap gas menuju Medan. Korban Nabali Ginting dan istrinya langsung berteriak rampok sembari mengejar pelaku dengan mobilnya. Mirip Film Aksen, aksi kejar-kejaran antara korban dan pelaku di jalan pun terjadi.

Ketika aksi kejar-kejaran terjadi, pelaku mencoba menghindar dan mengelabui korban dengan cara masuk ke Bumi Perkemahan Pramuka Sibolangi lalu, keluar melalui jalan samping Yayasan Katolik Deli Murni, Bandar Baru. Akan tetapi, tak jauh dari kantor Koramil 03/Sibolangit, korban akhirnya berhasil memepet mobil pelaku. Para pelaku langsung keluar dari mobil dan berupaya meloloskan diri dengan cara melompat pagar Hotel The Hill.

“Saya sempat mau dikelabui oleh para pelaku dengan cara memutar-mutar arah mobilnya dan keluar dari jalan lintas Medan Tanah Karo,” sambung Nabali Ginting.

Apes dialami Sirjon Pertama Purba. Dia berhasil ditangkap berkat bantuan anggota Koramil dan masyarakat setempat. Tak ayal lagi, Sirjon Pertama Purba langsung dipukuli hingga sekarat. Dalam kondisi masih sadar,, Sirjon Pertama sempat mengaku kalau sebelum melakukan perampokan kepada Nabali Ginting, komplotannya itu juga telah melakukan hal yang sama di Kabupaten Karo. Mereka berhasil merampok Uang Rp 1 juta, Kartu ATM/ surat-surat berharga lainnya, serta 2 unit HP.

Dalam kondisi berlumuran darah, pelaku diamankan ke Makoramil 03/ Sibolangit. Tak lama berselang, sekira 20.00 wib, kepolisian dari Polsek Pancur Batu tiba. Usai dilakukan serah terima antara Koramil Sibolangit dan pihak kepolisian, tersangka Sirjon kemudian digelandang ke Polsek Pancur Batu guna proses penyelidikan lebih lanjut.








Leave a Reply