[Sirulo TV] Improvisasi Kulcapi Karo 2 Senar Menjadi 4 Senar

2
301

Oleh: Jacky Raju Sembiring (Medan)

 

Sekarang, semakin banyak generasi muda yang mencintai dan mempelajari musik-musik techno dari Barat yang sekarang sangat populer di tengah-tengah masyarakat kita, indonesia. Saya cenderung prihatin melihat generasi-generasi muda yang hidup dengan unsur budaya tradisional.

Kini sudah semakin terkikis kecintaannya untuk mencintai bunyi-bunyi tradisional budayanya sendiri.




Melihat perkembangan musik di negara kita, saya ingin menemukan caranya merangsang sekaligus mengajak para generasi muda untuk lebih memperhatikan perkembangan musik tradisional daerahnya masing-masing. Hal itu perlu agar budaya kita tidak ditelan zaman, tapi melainkan mengikuti perkembangan zaman agar tidak punah dan tidak hanya didapati di museum-museum daerah saja.

Saya berharap dengan mengimprovisasi kulcapi 2 senar menjadi 4 senar menjadi alat musik modern yang dapat merangsang para generasi muda untuk lebih berani memainkan semua notasi lagu, bukan hanya notasi lagu daerah Karo saja melainkan notasi lagu-lagu pop Indonesia ataupun pop Barat. Dengan begitu, Taneh Karo terangkat di mata Nusantara ataupun dunia yang nantinya semua tahu bahwa kulcapi lahir di Taneh Karo.

Dan, tidak luput juga para generasi muda untuk lebih mencintai sesuatu yang tradisional dan dikembangkan.








2 COMMENTS

  1. “Saya berharap dengan mengimprovisasi kulcapi 2 senar menjadi 4 senar menjadi alat musik modern yang dapat merangsang para generasi muda untuk lebih berani memainkan semua notasi lagu, bukan hanya notasi lagu daerah Karo saja melainkan notasi lagu-lagu pop Indonesia ataupun pop Barat. Dengan begitu, Taneh Karo terangkat di mata Nusantara ataupun dunia yang nantinya semua tahu bahwa kulcapi lahir di Taneh Karo.

    Dan, tidak luput juga para generasi muda untuk lebih mencintai sesuatu yang tradisional dan dikembangkan.” Jacky Raju Sembiring

    Luar biasa, luar biasa!
    Pemikiran baru yang tak ternilai harganya, demi perubahan dan perkembangan musik tradisi Karo, sesuai dengan perkembangan dunia.
    Maju terus JRS.
    Salam Mejuah-juah

    MUG

Leave a Reply