Kolom M.U. Ginting: LAGU KARO MINOR – INTROVERT

0
412

Sungguh sangat menarik penampilan Karo ini nanti di KBRI Den Haag (Lihat di SINI). Saya melihatnya dari segi Karo Introvert yang sangat terlihat dari penampilan lagunya dalam latihan itu, mengingatkan lagu-lagu klasik Frederic Chopin yang sangat terkenal dan dikagumi (minor, moll) seluruh dunia, terutama bagi dunia introvert tetapi juga dunia extrovert dalam musik maupun dalam penampilan kehidupan sehari-hari.

Dengarkan rekaman youtube di bawah ini:

CHOPIN – Nocturne Op.9 No2 (60 min) Piano Classical Music Concentration Studying Reading Background
♫HQ Classical Music♫

Mix – Frédéric Chopin – Prelude in E-Minor (op.28 no. 4)
YouTube




Penampilan musik major-minor sepertinya merupakan existensi kehidupan yang mengharuskan adanya gender (maskulin dan feminin) dalam istilah lain, major/ dur dengan minor/ moll.

Pada zaman-zaman sebelum pengenalan Karo dan kulturnya terutama musiknya sangat terasa ‘diremehkan’ atau dicemohkan sebagai lagu-lagu ‘putus asa’, tidak memberi semangat bagi pendengarnya. Tetapi sebaliknya bagi orang Karo sangat mengesankan dan juga memberi semangat tinggi tak ternilai. Wow, gimana kok bisa begitu?

Pada hal dalam kenyataan seni musik dunia, musik introvert Karo itu dalam bentuk klasik moll Chopin sudah dinikmati dan dihargai dengan nilai sangat tinggi dalam masyarakat Elit Eropah terutama sejak diperkenalkannya musik introvert Frederic Chopin (musik klasik moll tersohor dari Chopin).

Apakah musik introvert Karo itu terlalu elitis untuk dinikmati oleh orang biasa?











Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.