Kolom M. Ikhsan: TAK MUNGKIN 2 HATI DALAM RONGGANYA

0
361

Diantara nilai-nilai akhlaq yang semuanya mesti kita tanamkan dalam diri kita masing-masing adalah 2 nilai yang cukup relevan dengan kelancaran dakwah, yaitu kelembutan dan rendah hati .


Kelembutan adalah perpaduan hati, ucapan dan perbuatan dalam upaya menyayangi, menjaga perasaan, melunakkan dan memperbaiki orang lain. Kelembutan adalah kebersihan hati dan keindahan penyajian yang diwujudkan dalam komunikasi lisan maupun badan.




Bukanlah kelembutan bila ucapannya lembut tapi isinya penuh dengan kata-kata kasar menyakitkan (nyelekit). Bukan pula kelembutan bila menyampaikan kebenaran tapi dengan caci maki dan bentakan.

Pada bagian Pengantar buku Bagaimana Menyentuh Hati (Ath-Thariq ilal Quluub) Abbas As-Siisi menyajikan beberapa kalamullah dan hadits Rasulullah SAW tentang berdakwah dengan sikap lemah lembut. Menarik ketika penulis menghadirkan ayat ke empat Surat Al Ahzab yang artinya:

“Allah sekali-kali tidak menjadikan bagi seseorang dua buah hati dalam rongganya…”

Dari potongan ayat tersebut beliau menyimpulkan bahwa tidak mungkin pemilik hati yang sarat cinta dan keimanan pada saat yang sama ia adalah orang yang berhati gersang, kasar, serta menyimpan rasa dengki dan kebencian pada pihak lain.








Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.