Kolom Edi Sembiring: KASI SAJA KARTU MERAH, DIK (Perihal Kurang Gizi)

0
500

Dek, di dekatmu ada 3.942 Balita kurang gizi sepanjang 2016. Dan, 8.855 bayi di Bawah Lima Tahun menderita stunting (Stunting adalah penyakit kurang gizi kronis pada bayi yang menyebabkan Balita bertubuh pendek). Apa kau dan para pengagummu tak tahu?

Berilah kartu merah kepada Walikotanya.

Dinas Kesehatan Kota Depok mencatat sebanyak 8.855 bayi di Bawah Lima Tahun menderita stunting. Jumlah tersebut mencapai 6,63% dari jumlah Balita di Depok yang mencapai 133.466 orang pada Tahun 2016.




Kota Depok memiliki APBD Rp 2,3 Triliun pada 2016 dan naik menjadi Rp 2,7 Triliun pada 2017. Selain itu, Rp 1,3 Triliun anggaran Pemerintah Kota Depok tersimpan di bank atau diendapkan.

Menurut Jokowi, sejumlah daerah hanya menyimpan sebagian besar uangnya di bank dan bukan menggunakannya. Jokowi memerintahkan pemakaian uang itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dik, kau bandingkan dengan Kabupaten Asmat dengan APBD mencapai Rp. 1 Triliun pada 2017 dan mendapat jatah sekitar Rp. 106 Miliar dari dana otonomi khusus Papua. Kendala di Asmat adalah hal geografis. Infrastruktur belum memadai. Harus menggunakan perahu dan berjalan lalui medan yang berat. Serta tenaga medis yang tak memadai.

Dik, ada dana besar yang dimiliki Depok. Ada Rp. 1,3 Triliun diendapkan. Apa itu tak kau ketahui? Sementara yang jauh di sana seakan kau yang paling paham.

Atau kau sungkan?








Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.