Simulasi Sispam Kota Pilkada Serentak 2018

0
236

JEBTA B. SITEPU. MEDAN. Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi) Simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Kota Pilkada Serentak 2018 di wilayah Sumatera Utara yang digelar di Avron Lanud Soewondo Medan [Kamis 8/2: Pagi]. Acara ini juga diisi dengan simulasi pengamanan yang melibatkan aparat TNI dan Polri, guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya kerusuhan pada saat berlangsungnya Pilkada Gubsu dan Wagubsu periode 2018-2023.

Simulasi Sispam ini turut juga dihadiri Kapoldasu (Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw), Gubsu  (Ir  H T  Erry Nuradi M Si), Kapolrestabes Medan (Kombes Pol Dr  Dadang Hartanto SH SIK MSi), unsur Forkopimda Sumut  serta  perwakilan dari KPU dan Panwaslu Sumut.




Dalam Sispam ini tergambar bagaimanan kekuatan aparat Polri dan TNI untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada Gubsu dan Wagubsu 2018 di seluruh wilayah Sumut. Aparat keamanan tampak siap untuk memberikan rasa aman dan nyaman sehingga seluruh tahapan Pillkada berjalan dengan lancar, termasuk kepada seluruh Cagubsu dan Cawagubsu.

Dari renteten simulasi yang dilakukan, salah satu adegan yang menarik perhatian adalah ketika aparat kepolisian menyelamatkan Ketua KPU Sumut dari penculikan. Selain menurunkan sejumlah penerjun, sniper serta  tim penjinak bom pun diturunkan  untuk membebaskan Ketua KPU Sumut.

Penyelamatan yang dilakukan tak ubahnya seperti adegan yang terlihat di film-film. Aparat kepolisian dengan cetakan dan sangat terukur berhasil melumpuhkan seluruh penyandera sehingga berhasil membebaskan Ketua KPU Sumut dari penyanderaan, termasuk adegan bagaimana tim penjinak bom berhasil menggalkan bom yang ditinggalkan para penculik.

Tak kalah serunya juga ketika terjadi aksi massa yang tidak puas dengan hasil Pilkada sehingga terjadi kerusuhan disertai dengan penjarahan. Kembali aparat kepolisian berhasil mengantisipasinya sehingga kondisi kembali aman dan kondusif. Simulasi ditutup dengan patroli bersama yang dilakukan aparat kepolisian dan TNI.

Usai  Simulasi Sispam, Kapoldasu Irjen Pol Paulus Waterpaw menjelaskan, tujuan digelarnya kegiatan ini untuk melihat sejauh mana kesiapan aparat keamanan untuk menghadapil Pilgubsu dan Wagubsu 2018 di Sumut.

“Melalui simulasi ini  tentunya akan memberikan penambahan pengetahuan teknis serta tindakan apa yang harus dilakukan apabila terjadi gangguan kantibmas sebelum dan pasca Pilkada,” jelas Kapoldasu.

Sedangkan Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin) sangat mengapresiasi digelarnya simulasi ini.  Dengan melihat simulasi ini, Eldin menilai aparat keamanan baik Polri dan TNI telah siap untuk membrikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat sekaligus mendukung  kelancaran dan suksesnya Pilda Gubsu dan Cagubsu 2018.

“Dengan melihat simulai ini, aparat keamanan telah sial untuk mengamankannya sehingga pelaksaan Pilkada Gubsu dan Wagubsu di Sumut, terutama Kota Medan dapat berjalan dengan lancar,” kata Wali Kota seraya mengajak masyarakat untuk menggunakan hal pilihnya pada saat berlangsung Pilkada Gubsu dan Cawagubsu tersebut.

Sebelum menghadiri apel dan simulasi, Wali Kota lebih dulu menyaksikan latihan penerjun penyegaran statik atau Free Fall ing III Paskhas dan Yonko 469 Paskhas di  lokasi Eks Bandara Polonia Medan sekitar pukul 07.00 WIB. Selain Wali kota, latihan penerjun ini turut dihadiri Pangkosek Hanudnas III Medan Kol Pnb Tri Bowo Budi Santoso, Danlanud Soewondo Kol  Pnb Daan Sulfi SSos dan Dandim 02/01 BS Letkol Info Bambang Herqutanto.








Leave a Reply