Dalam acara Jambore Pengusaha Muda Labirin 2018 di Kampus C Universitas Airlangga Surabaya (Unair) yang digelar oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Unair, Surabaya [Sabtu 10/2], Gus Ipul bilang: “5 sila Pancasila bila diperas menjadi 1 sila, yaitu gotongroyong.”

Wow, luar biasa ini kesimpulan Gus Ipul. Sangat berani dan tepat sekali rasanya. Gotong royong diterapkan dalam politik menjadi musyawarah dan menjadi koperasi dalam ekonomi, ditambahkan oleh Gus Ipul.




Wow lagi. Mantap sekali pak Saifullah Jusuf ini (Gus Ipul) bikin kesimpulan praktis yang bisa jadi pegangan langsung dalam praktek. Patut rasanya jadi Gubernur Jatim supaya rakyat bisa langsung menikmati dan mempraktekkan pemikiran brilian beliau ini, terutama bagi kaum muda pengusaha, yang menurut beliau bukan mencari kerja tetapi menciptakan kerja.

Gus Ipul menekankan lagi perlunya sinergi kekuatan atau pemikiran dalam mempraktekkkan gotongroyong. Contohnya beliau katakan di kalangan Go-Jek yang menerapkan kolaborasi sinergi dengan para pengemudinya. Ini berhasil bagus dan malah melebihi nilai investasi Garuda Indonesia dan Blue Bird.

Ayo seluruh Indonesia bisa ditrapkan filosofi gotongroyong tradisi leluhur bangsa ini supaya diberlakukan juga tidak hanya di Jatim. Mari Sumut juga bikin!

HEADER: Kota tua di Surabaya (Foto: We Love Indonesia).

VIDEO: Musik tradisional Jawa (atas) dan musik tradisional Karo (bawah) yang mengingatkan jiwa gotongroyong di dalam kehidupan tradisional Bangsa Indonesia.














Leave a Reply