Beliau Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :
ﺳَﺄَﻟْﺖُ ﺭَﺑِّﻲ ﺛَﻠَﺎﺛًﺎ ﻓَﺄَﻋْﻄَﺎﻧِﻲ ﺛِﻨْﺘَﻴْﻦِ ﻭَﻣَﻨَﻌَﻨِﻲ ﻭَﺍﺣِﺪَﺓً ﺳَﺄَﻟْﺖُ ﺭَﺑِّﻲ ﺃَﻥْ ﻟَﺎ ﻳُﻬْﻠِﻚَ ﺃُﻣَّﺘِﻲ ﺑِﺎﻟﺴَّﻨَﺔِ ﻓَﺄَﻋْﻄَﺎﻧِﻴﻬَﺎ ﻭَﺳَﺄَﻟْﺘُﻪُ ﺃَﻥْ ﻟَﺎ ﻳُﻬْﻠِﻚَ ﺃُﻣَّﺘِﻲ ﺑِﺎﻟْﻐَﺮَﻕِ ﻓَﺄَﻋْﻄَﺎﻧِﻴﻬَﺎ ﻭَﺳَﺄَﻟْﺘُﻪُ ﺃَﻥْ ﻟَﺎ ﻳَﺠْﻌَﻞَ ﺑَﺄْﺳَﻬُﻢْ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻢْ ﻓَﻤَﻨَﻌَﻨِﻴﻬَﺎ

 

“Aku meminta tiga (hal) pada Rabbku, Ia mengabulkan dua (hal) dan menolakku satu (hal). Aku meminta Rabbku agar tidak membinasakan ummatku dengan kekeringan, maka Ia mengabulkannya untukku. Aku meminta-Nya agar tidak membinasakan ummatku dengan banjir, maka Ia mengabulkannya untukku. Dan, aku meminta-Nya agar tidak menjadikan kehancuran mereka di antara sesama mereka tapi Ia menolaknya.”

Masalah ini termasuk dari tanda-tanda kenabian Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, yaitu tatkala beliau mengabarkan kejadian yang akan menimpa umat ini berupa perpecahan dan peperangan di antara sesama mereka.




Dalam 2 hadits di atas nampak jelas bahwa Allah Ta’ala telah menetapkan takdir bagi akhir umat ini. Allah Ta’ala menetapkan bahwa Islam dan para pemeluknya tidak akan binasa dengan kekeringan dan kelaparan sehingga mereka tidak perlu terlalu khawatir dengan kemiskinan karena tidak akan membinasakan mereka.




Allah juga menetapkan bahwa Islam dan para pemeluknya tidak akan hilang dari muka bumi akibat banjir bandang, karenanya mereka tidak perlu terlalu khawatir akan kehilangan eksistensi di dunia gara-gara bencana alam.

Allah Ta’ala juga telah menetapkan bahwa Islam dan kaum muslimin tidak akan pernah dikuasai dan dikalahkan oleh musuh-musuh mereka, walaupun musuh telah mengepung mereka dari berbagai sisi, yang karenanya mereka jangan terlalu memfokuskan perhatian pada musuh-musuh dari luar Islam.

Akan tetapi, Allah Ta’ala telah menetapkan bahwa Islam dan kaum muslimin akan hancur akibat perbuatan kaum muslimin itu sendiri.





Leave a Reply