GELAP SAAT SINABUNG MUNTAHKAN DEBU (Kutagugung Dikosongkan)

0
485

EMMY F. PURBA. KABANJAHE. Gunung Sinabung menglami erupsi besar hari ini [Senin 19/2: 10.00 WIB] sehingga menimbulkan hujan abu dan batu vulkanik.

“Ini adalah letusan terbesar tahun ini,” tulis seorang netizer menanggapi letusan gunungĀ  tertinggi di Sumatera Utara ini setelah Gunung Sibuaten yang juga sama-sama terletak di Dataran Tinggi Karo.




Tebalnya debu vulkanik di angkasa sempat menyebabkan kegelapan di bumi sekitarnya. Selain menyemburkan debu vulkanik, kali ini, bumi Dataran Tinggi Karo (Karo Gugung) dihujani batu-batu vulkanik sehingga membuat warga panik mencari tempat berteduh. Evakuasi besar-besar sedang dilakukan di Desa Kuta Gugung (Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo) yang letaknya berada di kaki gunung api yang terus menerus meletus sejak Oktober 2010 ini.

Barusan saja, Kepala Desa Kuta Gugung (Paskah Ginting) menginformasikan keadaan desa Kuta Gugung dan sekitarnya sudah dikosongkan. Semua warga sudah dievakuasi ke titik -titik aman.

Hingga berita ini diturunkab, belum terlihat adanya bantuan dari Pemkab Karo. Salah seorang guru SD Inpres Kutarayat (Bu Umum beru Tarigan) menjelaskan kepada Sora Sirulo, di beberapa desa Kecamatan Naman Teran terjadi hujan batu. Murid-murid sekolah mereka berlarian ke sana ke mari karena panik.








Leave a Reply