Dengan penuh semangat dan antusias, ribuan warga mengikuti senam jantung sehat di Lapangan Merdeka Medan [Minggu 18/2]. Semua gerakan yang ditampilkan sejumlah instruktur diikuti dengan sebaik-baiknya karena mereka sadar manfaatnya sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Sejak diperkenalkan Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumut Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin S MSi beberapa waktu lalu dalam acara Car Free Day (CFD), masyarakat sangat tertarik untuk mengikutinya. Setiap Minggu pagi, banyak sekali masyarakat, terutama paro baya mengikuti senam jantung sehat tersebut.







Selain masyarakat, senam jantung sehat juga selalu diikuti seluruh jajaran Pemko Medan mulai pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, lurang hingga kepala lingkungan. Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dan Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi pun rutin hadir untuk mengikuti senam jantung sehat bersama warga.

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kadis Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Medan Mara Husin Lubis, senam jantung sehat kini telah menjadi kegiatan rutin Pemko Medan. Dalam setiap kesempatan bilangnya, Wali Kota selalu mengajak seluruh jajarannya untuk mengitui senam jantung sehat.

“Senam jantung sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Jika dilakukan secara rutin, senam jantung ini sangat penting untuk mengoptimalkan kinerja jantung. Ingat, jantung kita harus sehat karena terus memompa darah dalam tubuh selama 24 jam penuh,” kata Mara Husin.

Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan jantung, jelas Mara Husin, melalui senam jantung sehat. Oleh karenanya bagi warga yang telah berusia paro baya, Mara Husin menyarankan untuk rutin mengikuti senama jantung sehat. Sebab, seiring bertambahnya usia seseorang akan menyebabkan berkurangnya performa jantung dengan sendirinya.

Dijelaskannya, salah salah satu komponen yang sangat penting untuk menunjukkan kesehatan jantung adalah denyut jantung.

“Justru dengan gerakan yang dilakukan dalam senam jantung sehat berfungsi untuk memperbaiki denyut nadi. Apabila denyut nadi kita sudah baik, insya Allah kesehatan jantung akan terjaga,” jelasnya.

Di samping itu lagi tambahnya, senam jantung sehat juga berfungsi untuk memperlancar aliran darah sehingga dapat mencegah terjadinya stroke maupun jantung koroner. Kemudian membantu mengurangi terjadinya penyumbatan pembuluh darah akibat timbunan lemak dan kelosterol.

“Jadi mulai saat ini marilah kita beramai-ramai rutin meluangkan waktu sejenak untuk mengikuti senam jantung sehat setiap Minggu pagi di Lapangan Merdeka. Lebih baik mencegah dari pada mengobati,” pesan Mara Husin.








Leave a Reply