Kolom Andi Safiah: GUBERNUR KAPIR

Kebebasan Adalah Hak Semua Mahluk Hidup

0
891

Jakarta pernah dikelola oleh Gubernur Kapir yang Keren. Cuman karena Kapir mencoba memfasilitasi kaum beriman, lewat kebijakan piknik spiritual, membangun masjid, membiayai kaum miskin beriman lewat berbagai kartu saktinya, Si Kapir malah dinistakan lewat pasal penistaan agama.

Artinya, menjadi kapir di negeri beriman tidak cukup. Kapir harus bersikap adil. Jika umat beriman macam muslim dibangunkan masjid, biar adil maka umat-umat yang beriman tapi beda sesembahan juga perlu dibangunkan rumah ibadah. Ini baru disebut adil.




Dan, orang-orang kapir macam saya tidak perlu dibangunkan rumah ibadah yang sempit. Alam semesta bagi saya adalah rumah ibadah yang tidak ada tandingannya. Fasilitasnya lengkap selengkap-lengkapnya. Ada kolam renang seluas lautan. Ada taman bermain seluas Hutan Amazon. Ada tempat bercumbu seluas Yellow Stone. Ada tempat bermain seluas Kalahari Desert… etc.

Alam sudah menyediakan semuanya, tinggal mainkan musik reggae dan nikmati iramanya yang stabil lagi konsisten.

Begitulah cara kapir menikmati dunia. Mereka tidak doyan rebutan surga illusif yang dipropagandakan oleh para makelar agama dengan menjual Tuhan sebagai alat legitimasi atas barang dagangannya.

Kapir bisa menikmati dunia dengan gaya bebas, tapi tetap elegan dengan tunggangan lambo dan sebatang cangklong di tangannya. Kapir memikirkan bagaimana menghabiskan pulsa dalam bentuk waktu dengan cara-cara yang beradab. Bukan biadab macam realitas Indonesia, dimana orang cerdas dikucilkan (baca: Ahok) dan manusia kerdil yang biji pelernya kecil (baca: Riziek) dipuja sampai rela membuang akal sehat dan nuraninya.

Sekali lagi, narasi kewarasan dibangun kapir seperti menunggu dengan santai datangnya sunset di Pantai Kuta sambil ber take beers bersama kawan-kawan yang bersetia di jalur kebebasan.

Karena kebebasan adalah hak semua mahluk hidup, maka semua jenis penjajahan di atas Bumi Manusia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan prinsip kemanusiaan dan keadilan.

#Itusaja!








Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.