MAJA BARUS. MEDAN BELAWAN. Menjamurnya gelandangan, pengemis dan orang gila di Kecamatan Medan Belawan mendapat perhatian serius Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi). orang nomor satu di Pemko Medan itu mengistruksikan jajaran Kecamatan Medan Belawan melakukan penertiban. Puluhan gelandangan, pengemis dan orang gila berhasil terjaring [Senin 26/2].

Kehadiran para gelandangan, pengemis dan orang gila tersebut telah meresahkan warga sekitar. Untuk menindaklanjuti instruksi Wali Kota tersebut, Camat Medan Belawan Ahmad SP selanjutnya menggandeng Dinas Sosial Kota Medan dan Polres Belawan dalam rangka melakukan penertiban.




Sebelum melakukan penertiban, Camat Medan Belawan menggelar apel untuk memberikan arahan kepada seluruh tim gabungan sekitar pukul 09.00 WIB. Dikatakannya, tujuan dilakukannya penertiban untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas yang dapat meresahkan masyarakat di sekitar Kecamatan Medan Belawan.

“Bapak Wali Kota telah menerima pengaduan dari masyarakat yang resah terkait menjamurnya gelandangan, pengemis dan orang gila di Kecamatan Medan Belawan. Menjawab keresahan masyarakat, kita pun diinstruksikan beliau melakukan penertiban. Itu sebabnya pagi ini kita bersinergi bersama Dinas Sosial Kota Medan dan Polres Belawan untuk melakukan penertiban,” kata Ahmad.

Usai apel, tim selanjutnya bergerak menyisiri titik-titik yang selama ini ditongkrongi gelandangan, pengemis dan orang gila. Gerak cepat tim gabungan membuat objek penertiban tidak berkutik. Tanpa kesulitan, tim gabungan berhasil mengamankan 10 orang gelandangan, 4 orang pengemis dan 21 orang gila.

Ahmad menjelaskan, seluruh gelandangan dan pengemis yang terjaring selanjutnya dibawa ke Kantor Dinas Sosial Kota Medan untuk dilakukan pendataan sekaligus pembinaan sehingga mereka tidak beraksi lagi di jalan. Sedangkan 21 orang gila yang diamankan dibawa ke RS Jiwa Tuntungan.

Usai penertiban, Ahmad SP memaparkan, razia ini dilakukan untuk menjaga kawasan di Kecamatan Medan Belawan agar bersih dari gelandangan, pengemis dan orang gila. Oleh karenanya dia menghimbau kepada masyarakat agar segera melaporkan kepada kecamatan maupun Polres Belawan jika melihat ada gelandangan, pengemis dan orang gila di jalan.

“Begitu menerim laporan, kita langsung turun melakukan penertiban. Apa yang kita lakukan ini untuk menciptakan suasana kantibmas yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat,” pungkas Ahmad.








Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.