Kolom Ganggas Yusmoro: SIAPA CAWAPRES IDEAL JOKOWI?

0
701

Ada yang mengatakan, jika Jokowi terpilih kembali, maka kans Cawapres berpeluang besar untuk menjadi RI 1 di Pilpres 2024. Kenapa? Tentu keberhasilan Jokowi di periode ke dua akan secara otomatis mengatrol elektabilitas Cawapres. Karpet merah terhampar tanpa harus kerja keras.

Ketika akhir-akhir ini begitu banyak yang sangat ngebet ingin dipinang menjadi Cawapres Jokowi bagaikan perjaka tua yang mabuk kepayang pada bunga desa, tentu ya harus dimaklumi.








Mulai Kang Aher, Muhaimin is kandar dengan meme seru “Who is Muhaimin?” Lalu dijawab “Muhaimin Is kandar.” Kemudian, sang Pangeran dari Cikeas, serta Pak Yusril, yang seakan menyodorkan dirinya, yang seperti diucapkan oleh Bu Dendy dengan nyah nyooh, mereka-mereka tentu juga berharap Jokowi menjatuhkan pilihan terhadap mereka.

Yang pasti, tarik ulur untuk menjadi Cawapres tentu akan alot. Apalagi PDIP tentu juga tidak akan sembarangan nyah nyoh untuk memberikan kursi Cawapres di luar kendali PDIP.

Dari nama-nama yang beredar, semuanya adalah tokoh yang tidak diragukan lagi kredibilitasnya. Mulai Pak Mahfudz, Pak Gatot, hingga Kyai Said, tentu Kandidat Cawapres Jokowi adalah menjadi sesuatu yang akan sangat menarik.

Namun, siapa yang paling potensial mendampingi Jokowi? Sulit ditebak. Bahkan rasanya nama-nama di atas kemungkinannya juga kecil. Ibu Mega akan mencari kader yang mumpuni untuk mendampingi Jokowi demi kelangsungan PDIP di 2024.

“Jangan-jangan Ibu Puan Maharani, Mas.”

Ngawur. Ibu Mega bukan politikus ecek-ecek. Beliau tentu cermat dan akurat sebagaimana dia menunjuk Jokowi untuk maju di 2014.

“Lalu siapa, dong?”

Sini mendekat kubisiki, jangan-jangan Ahok?









Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.