JEBTA B. SITEPU. SIPIROK – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara (Sumut) Sihar Sitorus menyumbangkan buku-buku ke Perpustakaan Prof Lafran Pane di Sipirok. Sumbangan buku tersebut diharapkan dapat memperkaya literasi yang ada di perpustakaan daerah tersebut.

Cawagub nomor urut dua tersebut mengatakan, peran Prof Lafran Pane dalam pengembangan gerakan mahasiswa sangat besar.

Terlebih dia merupakan sosok yang mengedepankan pemahaman nasionalis untuk membangun gerakan kebangsaan yang menyejahterakan masyarakat umum. Sihar yang maju mendampingi Djarot Saiful Hidayat di Pilgub Sumut 2018 ini menjelaskan bahwa setiap generasi harus menyelesaikan gerakan Lafran Pane. Sebagai tokoh yang membangun gerakan kebangsaan berdasarkan agama Islam.







“Kita menyumbangkan beragam buku, tujuan kita ingin ikut berperan dalam pengembangan dunia literasi di Sumut. Namun hal yang paling mendasar adalah untuk mengajak masyarakat belajar bersama dalam pengembangan kehidupan, toleransi dan kebersamaan membangun bangsa sebagaimana hal tauladan dari Lafran Pane,” terang Sihar kepada wartawan kemarin di Sipirok [Selasa 7/3].

Di sela sela pemberian buku tersebut, Sihar sempat menyapa anak-anak yang berkerumun di sekelilingnya. Sihar membangun keakraban dengan anak-anak tersebut. Di tengah canda tawa dan anak anak, cawagub yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut menanyakan kepada mereka, apakah mereka tahu Pancasila dan lima sila di dalamnya. Anak-anak itu pun serentak menyebutkan satu persatu sila itu.

“Ini keren banget, dan harus terus diperjuangkan, agar mereka memiliki sifat nasionalis sebagaimana para pendahulu kita,” terangnya.

Secara khusus bagi warga di Desa Pangurabaan, Kecamatan Sipirok, Sihar bukanlah orang asing. Sihar yang juga keturunan Pane memiliki ikatan kekerabatan yang sangat dekat dengan keluarga Pane di desa asal Lafran Pane tersebut. Bahkan kedekatan kekerabatan itu sudah dibangun sejak almarhum orangtua Sihar Sitorus yakni DL Sitorus.

“Jadi kalau hari ini dia menyumbangkan buku di perpustakaan ini, sebelumnya sudah banyak juga yang disumbangkan keluarga Sihar kepada kami. Karena kami adalah keluarga dekat Pane. Bahkan puluhan orang sudah berangkat naik haji dan umrah oleh keluarga Sihar Sitorus,” terang salah satu warga Riadi Pane.








Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.