JEBTA B. SITEPU. PADANGLAWAS – Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara (Cawagub Sumut) Sihar Sitorus disambut perkumpulan raja-raja dan ribuan warga Padang Lawas Utara (Paluta).dan Padang Lawas Selatan (Palas) di Desa Luat Simangambat pada kunjungannya dala rangka kampanye.

Tangisan haru disertai teriakan Djoss sambut kedatangan pasangan Djarot Saiful Hidayat itu.

Selain tangisan haru, Sihar juga disambut dengan Tortor Alap-alap. Siti Ambon Harahap salah seorang ibu yang dituakan di Simangambat, berjalan mendekati Sihar dan memeluknya. Sambil menangis ibu itu mengatakan selamat datang dan kemudian menyelempangkan sehelai kain ulos kepada Sihar.







Kedatangan Sihar ke kawasan tersebut sudah lama dinantikan oleh warga. Pasalnya bagi mereka, Sihar bukan hanya sekedar Cawagub, melainkan juga putra daerah yang sudah memiliki perkampungan di kawasan tersebut.

Salah satu tokoh adat Sutan Mahodum Hasibuan mengatakan, mereka sangat bangga mengetahui Sihar maju mendampingi Djarot Saiful Hidayat. Mereka percaya bere atau keponakan mereka  dapat memimpin Sumut.

“Di tempat ini kami dan ayahnya mengikat janji akan terus bersama. Kami tidak akan ingkar janji, dan akan ikut berjuang memenangkan Sihar. Demikian juga Sihar akan memperhatikan kami dan ikut berjuang untuk kami,”  katanya [Kamis 8/3].

Mangaraja Datok Mulia Harahap dari Desa Simangambat Jae juga menuturkan hal yang sama. Bahkan secara tegas dia mengatakan Sihar menang maka itu kemenangan warga Padang Lawas dan jika dia kalah itu juga kekalahan Padang Lawas.

“Kita berjuang bersama, bahkan kami siap berkorban untuk memenangkan dia. Karena dia adik saya dan saya yakin dia akan membangun Padang lawas,” jelasnya.

Dulu, semasa hidup orangtua Sihar Sitorus yakni DL Sitorus, perwakilan raja marga Hasibuan telah memberikan perkampungan pada mereka. Penyerahan perkampungan itu dulunya dilakukan dengan adat istiadat yang sangat besar. Perkampungan itu bernama Huta Harapan Tiurindu, yang dikukuhkan oleh raja-raja sebagai perkampungan milik keluarga Sihar Sitorus.

Karena itulah, bagi mereka Sihar bukan orang asing. Bahkan sudah menjadi putra daerah setempat yang juga harus bertanggungjawab untuk membangun kampung halamannya. Sesampainya di halaman perkampungan, sejumlah perwakilan raja dusun berdiri memberikan ucapan selamat.




Mereka mengatakan Sihar adalah anak mereka yang harus didukung maju sebagai pemimpin daerah. Karena hanya dengan mendudukkan dia sebagai orang nomor dua di Sumut maka mereka sejahtera.

Sementara itu, dalam sambutannya Sihar mengatakan, dia sudah lama ingin datang ke Simangambat menyapa keluarganya yang ada di sana. Bagi Sihar, Simangambat, Ujung Batu dan Huristak adalah kampung halaman yang diamanahkan ayahnya harus dibangun.

Karena itu, dia datang memohon dukungan dan doa dari semua keluarganya yang ada di kawasan tersebut.

“Karena kalian orang tua saya, tulang, oppung, dan saudara saya maka saya mohon dukungan kalian. Yang kita perjuangkan adalah kesejahteraan dan pembangunan Sumut kedepan,” katanya.

Sihar mengatakan bahwa persoalan yang dihadapi di beberapa daerah di Sumut hampir sama. Pendidikan, kesehatan, akses dan pelayanan publik lainnya. Karena itu, dia yang maju mendampingi Djarot memiliki program untuk menyelesaikan persoalan tersebut dengan tagline Semua Urusan Mudah dan Transparan.

“Untuk kesehatan kita akan buat program Kartu Sumut Sehat. Sementara untuk pendidikan akan ada Kartu Sumut Pintar,” jelasnya.










Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.