Teman-teman kita di Bali, memang yahud. Mereka terdiri dari berbagai etnis dan agama. Tapi, rupanya perbedaan malah merekatkan persaudaraan begitu kuat.

Saya takjub ketika seorang teman mengirimi sebuah poster kegiatan tabligh akbar. Penceramahnya adalah Habib Lutfi bin Yahya. Kekagetan saya begitu melihat susunan panitianya.

Ajib. Seorang Kristiani taat duduk sebagai panitia pengarah. Ada teman yang beragama Hindu juga tercantum di panitia. Teman lain penganut Katolik juga kebagian seksi cawe-cawe.







Mereka bahu membahu bersama rekan-rekan yang beragama Muslim. Menggelar acara besar seperti ini, tentu bukan soal mudah. Ada energi dan keringat yang harus ditumpahkan. Di sela-sela kesibukan masing-masing, mereka selalu penuh semangat.

Lalu, apa manfaat sebuah Tabligh Akbar buat teman yang beragama Hindu? Apa manfaat pengajian besar untuk rekan beragama Kristen atau Katolik?

“Kami yakin kebaikan akan melahirkan kebaikan. Ini adalah acara untuk menyerukan kebaikan. Kami berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkannya. Meskipun sebagian panitia bukan Muslim, tapi yang namanya kebaikan itu universal,” ujar Hengky Suryawan, salah seorang penggagas acara ini.

Sebagai seorang muslim, apa yang bisa saya lakukan?

Begini. Saya masih ada stok buku Para Penyembah Petromaks. Anda silakan membantu donasi ke paniia, setelah itu bisa inbox saya memberitahukan alamat dan bukti transfer ke panitua untuk saya balas dengan kirimkan buku sebagai ucapan terimakasih.

Terinakasih saya bukan hanya karena kamu sudah menjadi donatur. Terinakasih saya justru ketika kita mampu membuang sekat-sekat primordial untuk mengkampanyekan kebaikan. Terimakasih saya kepada siapa saja yang menginisiasi sebuah perhelatan yang merekatkan bathin kita sebagai anak bangsa.

Berapa minimum donasi? Terserah.

Panitia memang tidak menjamin para donatur akan masuk surga. Tapi yang dijamin bisa mendapat sebuah buku. Lagi pula, soal surga atau neraka itu urusan Tuhan, bukan urusan panitia Tabligh Akbar.

Nah, ini rekening bendaharanya:
Bank BCA an Yanni N Kristi
No Rekening: 7700423594

Thanks teman-teman di Bali, apapun agama Anda. Hormat dan apresiasi buat semua.








Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.