Pertengkaran gagasan perlu dirayakan, bukan dilaporkan ke penguasa lalu mereka yang bertengkar dipenjarakan dengan alasan menjaga kedamaiaan dan effect jera. Ini jelas gaya berpikir yang keliru total.

Sebagai bangsa kita justru perlu mendesign “pertengkaran gagasan” agar lahir sebuah sejarah. Dari pertengakaran gagasan itu muncul ide-ide besar yang memicu pertumbuhan kesadaran, seperti sejarah lahirnya gagasan Quantum Mechanic karena dua orang manusia bernama Einstein dan Bohr yang bertengkar hebat soal The Nature Of Reality.

Dari kedua orang inilah kita akhirnya bisa menikmati berbagai wacana yang kaya akan nutrisi buat otak.

Jadi, membiasakan bangsa ini bertengkar gagasan akan mengurangi problem bertengkar dengan pedang atau fisik secara exponensial, karena kita akan menjadi bangsa sial jika belum apa-apa mereka yang mencoba berpikir di luar arus diberangus dengan alasan konyol agar tidak meresahkan.

Jika demikian, maka istilah “Stay Idiot My Friends” sangat cocok menjadi gelar kebangsaan kita.

#Itusaja!

VIDEO: Percy Sledge – Warm and Tender Love. Lagu ini pernah digubah ke sebuah lagu Karo oleh Alm. Jusup Sitepu dengan judul La Kuarap. Di Tahun 2012, Sanggar Seni Sirulo memperkenalkannya kembali dalam tour mereka dari desa ke desa Karo dengan menmpilkan versi Inggris dan Karo diiringi musik tradisional Karo.








Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.