EMMY F. PURBA. NAMAN TERAN. Relawan Dukungan Psikososial (RDP) Arih Ersada Desa Kebayaken (Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo) bekerjasama dengan Pemerintahan Desa dan BPD mengadakan Sosialisasi Budi Daya Tanaman Kopi ke asyarakat Desa Kebayaken.

Sosialisasi ini diadakan di Losd Desa Kebayaken [Selasa 13/3: 09.00 -11.00 WIB.]

Acara ini bertujuan meningkatkan kuantitas produksi dan membudidayakan Kopi Tanah Karo mengingat Kopi Tanah Karo sangat diminati dan banyak dicari di luar negeri. Tingginya permintaan ekspor Kopi Tanah Karo menyebabkan pasokan ekspor Kopi Tanah Karo menjadi berkurang. ‎




Kepada reporter SORA SIRULO, Andi Putra Pratama Tarigan yang merupakan anggota RDP Desa Kebayaken menuturkan, baru-baru ini Kopi Tanah Karo meraih Juara 1 dalam kontes Uji Coba Citra Rasa Kopi 2018. ‎

“Sosialisasi ini meupakan inisiatif dari RDP dengan harapan mampu memajukan dan melancarkan prekonomian masyarakat paska bencana erupsi Gunung Sinabung. Alasan utama mereka adalah cuma tanamaan kopi yang sanggup bertahan di tengah terpaan abu vulkanik Sibabung yang terus turun,” tutur Andi Putra Pratama.

Acara ini didukung oleh USAID Amerika bekerjasama dengan Puskris (Pusat Krisis) Psikososial Universitas Indonesia, Pemerintah Desa Kebayaken dan BPD. USAID Amerika berperan dalam pendanaan setiap acara sosialisasi pembudidayaan kopi dan hal-hal lain yang berkaitan dengan budi daya tersebut. Bertindak sebagai narator adalah Zaini Wen dan Franz Albert.

‎Semoga dengan diadakannya sosialisasi ini, masyarakat menjadi lebih mengerti tentang cara dan proses budi daya kopi sehingga bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas Kopi Tanah Karo.

“Semoga budidaya kopi ibni bisa membantu meningkatkan ekonomi masyarkat di tengah-tengah bencana erupsi Sinabung yang melanda,” tutup Andy.








Leave a Reply