SALMEN SEMBIRING. MEDAN — Menyemarakkan nuansa Hari Jadi ke-70 Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Pemprovsu menggelar Lomba Karya Tulis dan Lomba Foto bagi Jurnalis Tahun 2018 dengan hadiah total Rp 69 juta. Lomba berlangsung mulai kemarin Senin 19 Maret hingga Kamis 12 April 2018.

Khusus karya tulis harus berbentuk reportase atau laporan.

Kepala Dinas Kominfo Sumut (Drs H Mhd Fitriyus SH MSP) didampingi Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Abdul Aziz Batubara SSos MAP mengemukakan hal itu kepada wartawan di Medan [Senin 19/3].

Dijelaskan, tema ke dua lomba ini adalah “70 TAHUN SUMATERA UTARA KITA SUKSESKAN PILKADA SERENTAK DAN MTQ NASIONAL XXVII TAHUN 2018” dengan sub tema untuk Lomba Karya Tulis: 1. Pilkada Serentak 2018 Berkualitas Tanpa Hoax dan Money Politik, 2.Momentum MTQ Nasional XXVII Tahun 2018 dan Keteladanan Keberagamaan di Sumatera Utara. Sedangkan Lomba Foto Sub Tema: Dinamika Keberagaman, Religi serta Kepemimpinan di Sumatera Utara.







Persyaratan antara lain Karya Tulis yang diikutsertakan dalam Lomba adalah, naskah yang ditulis sendiri oleh peserta, bukan merupakan plagiat atau karya orang lain. Naskah tulisan yang diperlombakan, harus sesuai dengan salah satu Sub Tema (dipilih).

Naskah harus dimuat dalam media dimana peserta bertugas dengan dilampirkan foto copy, Kartu Pers dan Foto Copy KTP. Naskah tulisan yang diperlombakan tidak dibenarkan dimuat dalam media yang bukan tempat peserta lomba bertugas. Batas waktu dimuatnya Naskah tulisan yang diperlombakan, adalah sampai dengan Hari Kamis, 12 April 2018. Pemenang akan diumumkan akhir April 2018 dan seluruh peserta akan diundang. Seorang peserta Lomba hanya dapat mengikutsertakan 1 (satu) Naskah Tulisan untuk diperlombakan.

Isi Naskah tulisan yang diperlombakan harus berbentuk Reportase atau Laporan, yang bermateri memenuhi bahasa jurnalistik dan tetap berpedoman pada EYD. Fakta atau Data yang dapat dipertanggungjawabkan, Analisis, Saran dan Kesimpulan. Peserta Lomba Karya Tulis, bebas menentukan Judul Tulisan, tetapi wajib mencerminkan inti tulisan tentang Tema dan Sub Tema.

Naskah tulisan yang diperlombakan ditulis dalam ukuran kertas A4 minimal 5000 karakter dan maksimal 8000 karakter dengan spasi 1,5 spasi, Jenis huruf Times New Roman, ukuran huruf 12. Naskah yang diserahkan pada panitia dalam 3 (tiga) bentuk yaitu Bentuk CD (cetak / online), Print Out Naskah Asli ( cetak / online) dan Kliping Koran (cetak), print out laman web yang memuat tulisan yang diperlombakan. Khusus Media On Line menyertakan link website dimana tulisan dimuat sebagai bahan verifikasi. Mengisi Formulir Pendaftaran (download di http://www.sumutprov.go.id dan http://diskominfo.sumutprov.go.id )

Karya tulis dikirimkan bersama formulir yang telah diisi kepada panitia dalam amplop tertutup dan diterima panitia paling lambat : Kamis 12 April 2018, pukul 16.00 WIB di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara Jalan H. M. Said No. 27 Medan

Hadiah untuk Karya Tulis maupun Foto masing-masing Pemenang I Rp 10.000.000, Pemenang II Rp 8.500.000, Pemenang III Rp 7.000.000, Pemenang Harapan I Rp 5.000.000 dan Pemenang Harapan II Rp 4.000.000,-

Panitia Tidak Menanggung Biaya Akomodasi dan Transportasi Peserta Lomba. Seluruh Pemenang akan memperoleh Piagam dan Piala Penghargaan. Dewan Juri diketuai DR. H. Sakhyan Asmara, MSP.

Mengenai Lomba Foto, lihat berita berikutnya di SINI.








Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.