NATALIE SEMBIRING. MEDAN. Pelaksanaan perdana Car Free Day (CFD) di tahun 2018 yang digelar di Lapangan Merdeka Medan berlangsung meriah [Minggu 18/3]. Selain diisi dengan senam jantung sehat, senam aerobik dan kegiatan olahraga lainnya, event yang digelar sebagai sosialisasi untuk mengajak masyarakat mengurangi polusi udara juga diramaikan dengan gerak jalan santai dalam memperingati HUT ke-6 Harian Sumut 24.

Sebelum mengikuti CFD, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution S MSi serta Kadispora Sumut Baharuddin Siagian lebih dahulu melepas ribuan peserta gerak jalan dengan start di Jalan Pulau Pinang. Setelah ikut jalan santai sejenak, Wali Kota dan Wakil Wali kota selanjutnya bergabung dengan ribuan masyarakat lainnya mengikuti CFD.







Selain senam jantung sehat yang selama ini menjadi favorit warga, CFD juga dimeriahkan dengan senam aerobik. Namun senam aerobik baru digelar setelah senam jantung sehat selesai yang dipusatkan di Lapangan Merdeka. Di seputaran Jalan Pulau Pinang, redaksi Harian Sumut 24 juga menggelar senam aerobik setelah peserta gerak jalan mencapai finish.

Usai mengikuti CFD, Wali Kota selanjutnya berjalan mengelilingi Lapangan Merdeka didampingi sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan diantaranya Kadispora Kota Medan Mara Husin Lubis, Kadis Perdangangan S Armansyah Lubis, Dirut PD Pasar Rusdi Sinuraya serta Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan HM Husni.

Wali Kota sangat puas melihat tingginya antusiasme masyarakat mengikuti CFD. Sebab, selain mengajak masyarakat mengurangi polusi udara, CFD juga sebagai momen untuk mengajak masyarakat berolahraga. Ayah tiga anak tersebut yakin dengan berolahraga, masyarakat akan lebih sehat sehingga segala aktifitas dapat dijalankan dengan baik.




“Saya selalu mendukung para stakeholder yang menggelar kegiatan untuk memeriahkan CFD, termasuk apa yang dilakukan Harian Sumut 24. Dengan kegiatan yang digelar tersebut, masyarakat yang mengikuti CFD semakin banyak lagi. Untuk itu saya mengajak stakeholder lainnya agar ikut memeriahkan CFD setiap Minggu pagi,” kata Wali kota.

Kemudian Wali kota tak lupa mengingatkan warga yang berolahraga agar tidak membuang sampah sembarangan. Sebab, Dinas Kebersihan dan Pertamanan telah menyediakan kotak sampah di sejumlah titik di Lapangan Merdeka. “Mari kita senantiasa menjaga kebersihan Lapangan Merdeka agar selalu menjadi tempat yang bersih dan menarik untuk berolahraga maupun bersantai bersama anggota keluarga,” pesannya.

Selain mengikuti senam jantung sehat dan senam aerobik, tidak sedikit warga yang membawa anggota keluarganya untuk bersantai melepaskan kepenatan setelah sepekan bekerja di Lapangan Merdeka. Pasalnya, lapangan bersejarah itu juga dilengkapi dengan aneka permainan anak-anak.

Sepeninggal Wali Kota untuk memimpin normalissi drainase di Jalan Seroja, Wakil Wali kota didampingi Kadispora kemudian menarik undian lucky draw bagi peserta gerak jalan beruntung. Selain menyediakan aneka hadiah menarik seperti televisi, sepeda, kulkas, mesin cuci, dispenser serta peralatan elektronika lainnya, redaksi harian Sumut 24 juga menyediakan hadiah utama berupa satu unit sepeda motor.

Sambil menunggu hadiah, peserta gerak jalan juga dihibur aneka hiburan tarian daerah hasil binaan Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH. Tarian yang mengangkat seluruh etnis yang ada di Kota Medan berhasil menghibur pengunjung, terbukti tak satu pun pengunjung yang beranjak meninggalkan lokasi hingga acara berakhir seluruhnya.








Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.