Kolom Boen Safi’i: KANG WOWO NYALON (Gerakan Ganti Presiden Menurut Keluarga Paijo)

0
653

Di sebuah rumah semi permanen yang berdinding dari sesek bambu, terdengarlah percakapan Kang Paijo beserta istrinya Yu Waginem yang lemu ginuk-ginuk. Meski bertubuh gemuk, di mata Kang Paijo, Yu Waginem itu laksana Raisya, cie cie swit swit.

Yu Waginem pun membuka obrolan.

Yu Waginem: Pakne, katanya Kang Wowo mau nyalon lagi, opo bener itu, pakne?

Kang Paijo: Koyok’e sih bener, bune. Lha sekarang banyak ajakan untuk ganti presiden.







Yu Waginem: Lho, memang siapa yang mendirikan gerakan itu, pakne?

Kang Paijo: Itu, loh. Poli tikus partai sapi dan gerombolannya, bune. Termasuk ngartis Neno Warisan kuwi, lho.

Yu Waginem: Lhadalah, memang salah e Pak Jokowi itu apa kok beliau pengen diganti? Padahal infrastruktur, jalan tol, bensin satu harga dan perbatasan negara sebagai etalase bangsa dipercantik. Dan Si Neno? Walah uang jamaah wae belum diganti kok mau ganti presiden?

Kang Paijo: Mboh karepe wong-wong edan itu opo, bune? Padahal hidupnya sudah enak, punya mobil, rumah e gede magrong-magrong kok yo tetep sambat bin mengeluh wae yo, bune.

Yu Waginem: Lha, iyo, pakne. Padahal keluarga kita yang serba pas-pasan ini wae gak pernah mengeluh dan tetap optimis. Tapi, seng wes kaya ko gak maturnuwun terhadap Gustine yo, pakne?

Kang Paijo: Menurut mereka, infrastruktur itu membikin sengsara rakyat bune, harusnya pak Jokowi itu bagi bagi BLT kayak jamanya pak prihatin dulu itu lho bune.

Yu Waginem: Lhadalah, Pak Pri dulu itu gak mendidik rakyatnya, pakne? Lha mosok, uwong kok diberi ikan tanpa diberi pancing. Kan dilatih ngemis to, pakne. Padahal infrastruktur ini sangat penting untuk bangsa ini, lho.

Kang Paijo: Penting e opo, bune?

Yu Waginem.: Yo, jelas penting to, pakne. Saiki pilih mana? Bangun pasar tapi aksesnya jelek dan gak bisa dilewati atau pilih mempercantik aksesnya baru membangun pasarnya?

Kang Paijo: Yo, jelas wajib mbangun aksesnya dulu toh, bune.

Yu Waginem: Nah, itulah alasan Pak Jokowi selama ini. Awake dewe iki dilatih hidup prihatin dulu dan harus optimis, pakne. Gak malah ngomong Indonesia bubar.

Kang Paijo: Lha, terus kalau aksesnya sudah jadi, terus manfaatnya opo, bune?




Yu Waginem: Lah, manfaatnya yo banyak toh, pakne. Bila akses sudah terkoneksi dan dipercantik, maka pariwasata, pasar, dan usaha kecil pasti akan menggeliat kembali, pakne. Bila ekonomi di pelosok menggeliat, maka ekonomi kerakyatan bangkit kembali dan bila ekonomi rakyat bangkit, maka bangkitlah Indonesia kita ini, pakne. Nah, di situlah nanti rakyat Indonesia akan mengerti maksud dari Pak Jokowi ini, pakne.

Kang Paijo: Wah, cerdas banget sampean, bune. Pasti efek kebanyakan mangan jemblem, yo?

Yu Waginem: Lhadalah …. Yo, wes, kalau ketemu Kang Wowo tolong bilangin kalau nyalon itu jangan di Indonesia tetapi di salonnya Si Mince aja, pakne.

Tiba tiba Si Mince lewat dan mendengar obrolan Kang Paijo dengan Yu Waginem.

Kata Si Mince: Hayo, ngrasanin eike, ya. Siapa yang mau nyalon, yu? Si Wowo? Ihhh … Emang eike cowok apaan, cyyynnn.

Kang paijo: ?????

Salam Jemblem.






Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.