JEBTA B. SITEPU. MEDAN. Pelaksanaan Car Free Day (CFD) di pekan terakhir bulan Maret berlangsung sangat meriah [Minggu 25/3]. Sebab, kegiatan yang digelar dalam rangka sosialisasi untuk mengajak masyarakat agar mengurangi polusi udara yang disebabkan emisi gas buang kenderaan bermotor sekaligus giat berolahraga, juga diramaikan dengan jalan sehat yang digelar dalam rangka Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 Tingkat Sumatera Utara.

Di samping itu CFD diisi dengan Deklarasi Internet Media Sosial Sehat yang digelar di Jalan Bukit Barisan. Deklarasi ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat agar paham dan mengerti sehingga tidak menjadi korban berita hoax. Oleh karenanya Lapangan Merdeka yang merupakan kawasan Titik O Kota Medan itu dipenuhi ribuan warga.




Seperti biasa pelaksanaan CFD diisi dengan senam jantung sehat yang dipusatkan di Lapangan Merdeka. Selain senam jantung sehat, warga juga menggunakan lapangan bersejarah itu untuk melakukan kegiatan olahraga lainnya seperti jogging, jalan santai, bersepeda, sepatu roda maupun memanfaatkan fasilita solahraga yang ada untuk menjaga dan meningkatkan kebugaran tubun.

Di samping itu tidak sedikit warga yang datang dengan membawa sejumlah anggota keluarganya, terutama anak-anak untuk sekedar bermain dan bersantai bersama. Sebab, Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan menyediakan sejumlah fasilitas bermain yang menarik bagi anak-anak.

Sebelum mengikuti CFD, Wali Kota Meda Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama Gubsu Ir H T Erry Nuradi, Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution MSi serta Ketua PWI Sumut H Hermansyah melepas jalan sehat yang diikuti ribuan peserta, termasuk para wartawan baik media cetak, elektronik dan online beserta keluarga di Jalan Pulau Pinang yang diikuti aksi marching band.

Sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan diantaranya Kadis Komunikasi dan Informatika Zain Noval SSTP MAP, Kabag Humas Ridho Nasution serta sejumlah camat ikut mendampingi Wali Kota ketika melepas jalan santai dengan menyediakan sejumlah hadiah menarik, termasuk beberapa unit sepeda motor.

Usai melepas jalan sehat, Wali Kota bersama Wakil Wali Kota juga Kadis Kominfo menghadiri Deklarasi Internet Media Sosial Sehat. Acara yang diselenggarakan Komunitas Sahabat Polisi Medan ini turut dihadiri Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto, Ketua KPU Medan Herdensi Adnin dan Ketua Panwaslu Hendri Sitinjak.

Pembukaan acara deklarasi itu ditandai dengan pelepasan drone dengan spanduk bertuliskan “Sahabat Polisi Medan Anti Hoax” yang dilakukan Wali Kota bersama Kapolrestabes Wakil Wal Kota. Setelah itu dilanjutkan dengan talk show tentang media sosial sehat. Dalam talk show tersebut, Wakil Wali Kota menjadi salah satu nara sumber bersama Kapolrestabes Medan dengan Ketua KPU Medan dan Ketua Panwaslu Medan.

Wali Kota snagat mengapresiasi kegiatan jalan sehat yang digelar PWI Sumut dan Deklarasi Internet Media Sosial Sehat dilaksanakan pada saat berlangsungnya CFD. Dengan digelarnya dua kegiatan tersebut, jumlah warga yang datang ke Lapangan Merdeka pun bertambah banyak untuk berolahraga.




“Selain mengajak masyarakat gemar berolahraga, melalui CFD kita ingin mengedukasi masyarakat agar mengurangi polusi udara yang disebakan emisi gas buang kenderaan bermotor. Intinya, melalui CFD kita ingin mengajak masyarakat untuk hidup sehat. Oleh karenanya kami sangat mengapresiasi dan mendukung penuh setiap kegiatan yang digelar bertepatan dengan berlangsungnya CFD,” kata Wali Kota.

Usai acara deklarasi, Wali kota seperti biasanya berjalan mengelilingi Lapangan Merdeka. Selain berolahraga, Wali Kota juga ingin mengecek kondisi Lapangan Merdeka baik itu menyangkut masalah kebersihan maupun seluruh fasilitas yang dimiliki agar selalu dapat dipergunakan masyarakat.

Sedangkan Wakil Wali Kota, usai menjadi nara sumber selanjutnya mengikuti acara Peringatan Hari Pers Nasional Tingkat Sumut yang digelar di Pendopo Lapangan Merdeka. Dalam acara tersebut, Gubsu mendapat penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sebagai Anggota Kehormatan.

Menurut Ketua PWI Sumut H Hermansyah, dasar pertimbangan penghargaan itu diberikan mengingat Tengku Erry selama ini punya kontribusi cukup besar dalam mewujudkan program dan renovasi gedung PWI Sumut melalui dana hibah, termasuk secara konsisten mendukung program-program PWI.

Dikatakan Hermansyah, Anggota Kehormatan PWI merupakan status keanggotaan PWI yang memiliki legalitas dan legitimasi tinggi karena diatur secara tegas dan jelas di PD/ PRT PWI.

“Penghargaan Anggota Kehormatan PWI ini bukan pemberian sembarangan, sebab melalui mekanisme organisasi yang cukup ketat sehingga bisa dipertanggungjawabkan,” jelas Hermansjah.

Usai memberikan sambutan singkat, Gubsu didampingi Wakil Wali Kota, Ketua PWI Sumut dan Ketua SPS Sumut Farianda Putra sinik selanjutnya mencabut doorprize berhadiah sepeda motor bagi peserta jalan santai yang beruntung.










Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.