Kolom M.U. Ginting: INDONESIA FIRST

0
772

Ada kekhawatiran di kalangan orang Indonesia melihat perang dagang yang sudah mulai antara China dan AS Trump. Indonesia tidak perlu takut akan akibat-akibat negatif dari perang dagang AS-China. Indonesia tidak ikut atau tak perlu ikut-ikutan perang dua negara ekonomi besar itu.

Perubahan dan perkembangan dunia sebagai akibat dari politik ekonomi Trump pada umumnya adalah positif.

Dia mengangkat sebuah persoalan yang sepenuhnya baru dengan menentang kebijakan ekonomi lama (neoliberal). Perdagangan bilateral, itulah yang dijanjikan oleh Trump dalam perdagangan dunia, sesuai juga dengan janjinya dalam Pilpres ‘America First’.




Hubungan dagang dan mau dagang apa, ditentukan oleh sipedagangnya sendiri, bukan ditentukan oleh orang ke 3 atau organisasi ke 3 seperti bermacam-macam organisasi perdagangan internasional. Dalam mengatur volume perdagangan dengan China, kedua negara bisa mempertimbangkan bersama mana yang patut supaya tidak saling merugikan.

Bukankah China dan AS (Trump) bisa melíhat dan mempelajari sendiri bersama? China tidak perlu mempertahankan yang lama kalau itu banyak merugikan AS secara sepihak sebagai akibat dari politik dagang neoliberal anti nasionalis yang lama. Sekarang, bikin apa yang adil saja bagi kedua negara dan dibicarakan sendiri bersama! Tidak ada orang yang lebih tahu persoalan AS-China selain AS dan China.

Trump membawa pembaruan, pemikiran baru dalam perkembangan dunia yang baru. Sistem lama sudah obsolete, dimana orang ke 3 menentukan nasib tiap negara nasional lainnya. Ini satu waktu akan mendatangkan perang. Hubungan keadilan apa saja diantara dua nation, hanya bisa serta paling patut dan adil dibicarakan antara dua nation itu saja.

Bagi Indonesia, pastilah juga berlaku sistem bilateral itu. Di samping titik beratnya paling bagus karena negeri kita masih jauh ketinggalan, terutama dalam bidan gindustri, sebaiknya perdagangan dan industri dalam negeri terlebih dahulu dimajukan dan dipesatkan. Ini sesuai juga dengan ekonomi Berdikari, usaha besar-besaran untuk tidak tergantung dari luar. Meningkatkan dan mengembangkan perdagangan bilateral adalah salah satu kunci. Tanpa perdagangan bilateral sudah kita lalui selama 7 dekade masih tetap tertinggal.

Sekarang dimulai dengan yang baru, model Trump! Indonesia First.

VIDEO: Acara menari bersama Suku Karo di Karo Jahe (Karo Hilir) atau disebut juga Langkat Hulu oleh orang-orang Melayu yang tinggal di Langkat Hilir. Sebagaimana terlihat di video ini, di Langkat Hulu banyak warga Suku Karo yang muslim. Di acara ini, disertakan juga pakaian adat Jawa dan Melayu selain pakaian adat Karo.








Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.