Dinas PU dan BWSS II Bersihkan Sungai Putih

JEBTA B. SITEPU. MEDAN. Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan membantu Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II membersihkan Sungai Putih di kawasan Pondok Surya, Kelurahan Helvetia Timur, Kecamatan Medan Timur [Selasa 27/3)] Selain untuk membersihkan sampah guna melancarkan aliran air, pembersihan dilakukan dalam rangka memperingati World Water Day (Hari Air Sedunia).

Pembersihan Sungai Putih dilakukan mulai pukul 08.00 WIB dengan melibatkan puluhan petugas Dinas PU. Guna mendukung kelancaran pembersihan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Medan yang terkait dengan penanganan infrastruktur berupa jalan dan drainase tersebut, juga menurunkan 1 unit skidloader.




Selain membersihkan aliran Sungai Putih dari sampah, bantaran sungai yang dipenuhi semak belukar juga menjadi objek pembersihan petugas Dinas PU yang berkolaborasi dengan BWWS II tersebut. Pembersihan ini mendapat apresiasi dari warga sekitar, selain aliran sungai lancar, kawasan bantaran sungai juga terlihat lebih bersih dan terang dari sebelumnya.

“Berkat pembersihan yang dilakukan Dinas PU bekerjasama dengan BWSS II, aliran Sungai Putih yang melintasi kawasan tempat tinggal kita semakin lancar karena seluruh tumpukan sampah telah dibersihkan. Di samping itu bantaran sungai yang selama ini dipenuhi semak belukar kini terlihat lebih bersih dan terang,” kata salah seorang pria paro baya, warga sekitar yang menyaksikan pembersihan tersebut.

Plt Kabid Drainase Dinas PU Kota Medan Edi Zalman didampingi Kasi Drainase Fikri memimpin pembersihan aliran Sungai Putih tersebut. Seluruh petugas yang dibawa langsung diterjunkan menuruni sungai untuk membersihkan sungai dari sampah. Selain sampah, pinggiran dan bantaran sungai yang dipenuhi semak belukar pun dibabat habis.

Kemudian diikuti dengan skidloader membersihkan pinggiran sungai dari pepeohonan tidak produktif beserta semak belukar. Selanjutnya, seluruh sampah hasil pembersihan diangkut dengan menggunakan sejumlah truk milik Dinas PU untuk selanjutnya dibuang di lokasi pembuangan.

“Kita tidak mau ada sampah yang tersisa dari pembersihan yang dilakukan,” ungkap Edi Zalman.

Dengan pembersihan yang dilakukan, Edi Zalman berharap, momen World Water Day dapat menggugah kesadaran masyarakat, terutama warga sekitar untuk bersama-sama menjaga kebersihan air, termasuk sungai.

“Tanpa dukungan penuh masyarakat, saya pastikan sulit mewujudkannya,” ungkapnya.

Selanjutnya jelas Edi Zalman lagi, pembersihan seperti ini akan terus dilakukan, terutama drainase yang ada di Kota Medan. Selain telah menginventarisir titik-titik drainase yang akan dibersihkan, Edi juga mengatakan, Dinas PU pun siap membantu dan menurunkan alat berat apabila pihak kecamatan membutuhkan bantuan untuk membersihkan drainase yang ada di wilayahnya masing-masing.

“Jika drainase mengalir dengan lancar, insha Allah genangan air maupun banjir dapat diminimalisir. Meski demikian tanpa dukungan masyarakat, upaya yang kita lakukan akan sia-sia,” jelasnya.








Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.