Satpol PP Tertibkan PKL di 3 Ruas Jalan Malam Hari

NELSON GINTING. MEDAN. Satu regu Satpol PP diturunkan untuk menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di beberapa ruas jalan Kota Medan [Jumat 30/3: sekitar 20.00 WIB Malam]. Penertiban ini rutin dilakukan guna membersihkan bahu jalan maupun trotoar dari PKL.

Ada 4 titik jalan yang menjadi lokasi penertiban malam itu yakni Jl.KH Zainul Arifin, Jl. T. Daud, Jl. Listrik dan Jl. Diponegoro. Tidak hanya siang, malam hari juga para PKL menggelar lapak di bahu jalan maupun trotoar. Selain mengganggu kelancaran arus lalu lints, kehadiran PKL membuat para pejalan kaki kurang nyaman dan terganggu saat melintasi trotoar.




Menurut Kasatpol PP Kota Medan (M Sofyan), kegiatan pengendalian dan penertiban yang dilakukan menindaklanjuti instruksi Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi) sesuai dengan peraturan daerah (Perda).

“Bapak Wali Kota telah menegaskan, bahu jalan dan trotoar adalah fasilitas umum bukan tempat berjualan,” kata Sofyan.

Dikatakan Sofyan, penertiban sudah berulangkali dilakukan namun para PKL tetap saja berjualan baik siang maupun malam hari. Oleh karenanya tegas Sofyan, penertiban akan terus rutin dilakukan guna menutup peluang PKL untuk berjualan.

“Siang dan malam akan kita turunkan tim untuk melakukan pengawasan!” tegasnya.

Proses penertiban berjalan lancar, tak satu pun diantara PKL yang melawan maupun menghalangi proses penertiban. Begitu melihat personel Satpol PP, mereka pun langsung mengemasi dagangannya dan meninggalkan lokasi. Bagi PKL yang bertahan, petugas Satpol PP pun bertindak tegas dengan mengamankan dagangannya.

Usai penertiban, Sofyan menegaskankan, tidak satu pun PK5 diperkenankan berjualan di kawasan tersebut. Mantan Camat Medan Area itu minta agar para PKL dapat menaati peraturan yang berlaku dengan tidak berjualan kembali di bahu jalan maupun trotoar.

“Kita harus tertib dan menghargai hak setiap warga kota, sebab trotoar adalah hak pejalan kaki sehingga tidak sepantasnya dipergunakan untuk menggelar lapak jualan. Untuk mencegah PKL berjualan kembali, kita akan terus melakukan pengawasan baik siang maupun malam hari!” tegasnya.

Selain bahu jalan dan trotoat, Sofyan juga mengerahkan anggotanya untuk melakukan pengamanan di sejumlah titik untuk mencegah PKL menggelar lapak. Selain depan Masjid Raya Al Mahsun Jalan Sisingamangaraja, pengamanan juga dilakukan di Taman Beringin Jalan Sudirman Medan.

“Jika tidak dijaga, banyak PKK yang berjualan di kawasan tersebut. Penjagaan juga kita lakukan di Jalan Dr Mansyur serta Pasar Petisah. Semoga dengan penjagaan yang kita lakukan ini, para PKL tidak dapat berjualan kembali,” pungkasnya.








Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.