NELSON GINTING. MEDAN. Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi minta warga yang menjadi korban amuk si jago merah di Jalan Raya Pelabuhan Belawan Lorong Veteran Lingkungan 10 dan 14, Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan agar tabah dan sabar menghadapi musibah yang cukup berat tersebut. Sebab, Pemko Medan akan berupaya sekuat tenaga untuk membantu meringankan beban seluruh korban.

Ungkapan ini disampaikan Wali Kota ketika mengunjungi lokasi kebakaran bersama Kapolresta Belawan AKBP Ikhwan Lubis beserta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan, Senin (2/4). Selain ingin melihat rumah warga yang terbakar, kunjungan itu dilakukan untuk memberikan bantuan sekaligus dukungan kepada seluruh korban kebakaran.

Musibah kebakaran yang terjadi [Minggu 1/4: 20.00 WIB] itu menyebabkan 13 unit rumah milik warga yang dihuni 13 KK atau 57 jiwa tak dapat dihuni lagi karena hangus terbakar. Saat ini warga yang menjadi korban kebakaran terpaksa menumpang tinggal di rumah warga sekitar maupun sanak keluarga.




Di samping itu warga juga kehilangan seluruh harta bendanya karena jilatan dan kobaran api berlangsung sangat cepat sehingga tak sempat diselamatkan, kecuali hanya pakaian yang menempel di tubuh saja. Seluruh korban kini hanya bisa menangis dan mengharapkan uluran bantuan dari para dermawan.

“Kami menyampaikan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas musibah kebakaran yang terjadi. Kita harus ikhlas dan yakin bahwasannya Allah SWT bersama kita. Dengan demikian kita dapat tabah dan tawakal menghadapi cobaan ini. Ingat, bapak dan ibu tidak sendirian, kami hadir kemari untuk membanu meringankan beban,” kata Wali Kota.

Dalam kunjungan itu Wali Kota menyerahkan bantuan kepada para korban berupa sembako, peralatan tidur, perlengkapan sekolah, perlengkapan mandi serta bahan bangunan berupa seng dan kayu.

“Semoga bantuan ini dapat memberikan manfaat, sekali lagi saya berharap agar bapak dan ibu untuk tetap sabar serta ikhlas. Insya Allah kita sama-sama bergotong-royong membangunnya sehingga rumah yang terbakar ini dapat berdiri dan dihuni kembali,” ungkapnya.

Diakui Wali Kota, bantuan kayu dan seng yang diberikan tidaklah cukup. Untuk itulah Wali Kota akan mengajak stakeholder yang ada agar mau membantu melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR), termasuk Yayasan Surya Kebenaran Indonesia (YSKI) yang selama ini begitu peduli membantu warga yang ditimpa musibah maupun para dermawan.

Selain itu Pemko Medan melalui Dinas Sosial juga memberikan bantuan kepada para korban kebakaran 30 buah karpet dan tenda darurat yang dapat dihuni 5-6 orang sebanyak 10 tenda. Diharapkan, bantuan yang diberikan tersebut dapat dipergunakan sambil menunggu dilakukannya pendirian rumah kembali.




Usai memberikan sambutan, Wali kota bersama Kapolresta Belawan, pimpinan OPD serta Camat Medan Belawan Ahmad selanjutnya meninjau bangunan rumah warga yang telah hangus terbakar. Tak satu pun material bangunan yang terbuat dari kayu tersisa, semuanya ludes dilalap api. Kemudian Wali Kota emmberikan arahan kepada Camat Medan Belawan untuk segera ditindaklanjuti.

Setelah itu Wali Kota meninjau dapur umum yang didirikan Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kota Medan di rumah salah seorang warga. Wali kota berpesan agar dapur umum dapat melayani makanan dan minuman warga dengan sebaik-baiknya.

“Jangan sampai warga yang menjadi korban kebakaran terlambat makan. Saya minta BPBD Kota Medan mengawasi dan bertanggungjawab penuh untuk itu!” tegasnya.

Sebelum meninggalkan lokasi, Wali kota pun berpesan kepada seluruh warga Kota Medan untuk senantiasa berhat-hati guna menghindari terjadinya kebakaran. Selain menjauhkan benda-benda yang mudah terbakar, masyarakat juga diingatkan supaya rutinmemeriksa instalasi listrik di rumahnya masing-masing.

“Jika ingin meninggalkan rumah, pasti kompor maupun gas untuk memasak dalam kondisi mati, begitu juga dengan peralatan elektronika. Di samping itu jauhkanlah benda-benda yang mudah terbakar mengingat cuaca belakangan ini sangat terik,” pesannya.










Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.