China bisa menjadi negara adi daya yang bahkan melampaui US karena mantra Deng Xiaoping. Bnyi mantranya sederhana: Tidak penting warna kucingnya apa, yang penting dia bisa nangkap tikus.

Saya menterjemahkan mantra ini dalam bahasa sederhana. Siapapun dia, sudah tidak penting lagi, yang penting dia bisa memberikan manfaat seluas-luasnya pada bangsa dan negara. Itulah esensi dari mantra Deng Xiaoping.

Hasilnya China menjadi negara dengan tingkat pertumbuhan ekonominya tertinggi. Jumlah rakyat China yang menjadi kaya raya meningkat. Produk-produk teknologi China sudah menembus pasal global dan soal kwalitas juga tidak kalah. Made in China ada di mana-mana.

Indonesia perlu belajar dari China, dan berhentilah membangun slogan anti China sementara HP yang kamu gunakan masih produk China. Itu namanya munafik dan ingat perilaku itu dilaknat oleh Allah.

Terakhir, mantra “Revolusi Mental” ala Jokowi perlu diterjemahkan, karena sejak lama otak kita doyan makan yang berat-berat sementara gizi masih terbilang buruk. Mau revolusi mental tiru China.








Leave a Reply