Peribahasa bijak mengatakan “siapa menabur maka dialah yang akan menuai”. Bila menabur kebaikan, pasti amal kebaikan itu akan senantiasa mengiringi langkah kita. Walau ada masalah, niscaya solusi akan hadir sebagai wujud dan bentuk pertolongan dariNya.

Bila menabur keburukan, pasti segala keburukan senantiasa menyertai yang melakukanya. Dan ini sudah hukum alam, kodrat yang tidak bisa diganggu gugat. Balasan dariNya itu nyata, tanpa menunggu kelak di akhiratNya.







Bukankah kasus Riziek, kasus Jonru, kasus, kasus fiksi Rocky Gerung, kasus Amien Rais, kasus anggota PKS yang korupsi menggunakan simbol-simbol Al Quran, kasus bandar Narkoba dari orang Gerindra, anaknya si Zulkifli, dan terakhir kasus tunggakan meteran si Fadli Zon membuat kita harusnya berfikir: Sudah benarkah bila kita mengikuti dan mengidolakan mereka?

Sejatinya, setiap manusia pasti mempunyai aib dan bila aib itu terbongkar, maka hancurlah kita sebagai manusia. Tetapi Tuhan pasti memilih dan memilah, aib siapa yang harus dibongkar dan aib siapa yang harus disembunyikan.

Tak ada yang kebetulan.

Terbongkarnya sebuah aib, adalah konsekuensi dari perilaku kita sendiri. Bila perilaku kita baik, maka aib yang kita sembunyikan akan disembunyikan pula olehNya. Dan bila perilaku kita sudah diluar batas kewajaran, maka bersiap siaplah aib anda akan dibongkar sebagai warning bahwa Tuhan mengawasi dan tidak suka akan tindakan kita.

Mengapa aib Fadli Zon yang menunggak listrik bisa terbongkar? Jawabnya, karena perilaku fadli zon sudah diluar batas kewajaran. Gusti mboten sare, dan inilah wujud bahwa Dia ada dan mengawasi kita sebagai makhlukNya. Hanya satu cara bila aib kita masih ingin disembunyikan olehNya, yakni berbuatlah kebaikan. Manusiakanlah manusia dan berperilakulah yang sewajarnya.

Woalah Zon …. Zon …. Hobi nyinyirin pemerintah dengan hutang negara, rakyat susah, aset dijual, seperti orang paling nasionalis sendiri. Eh, giliran membayar rekening listrik untuk membiayai operasional negara, dalam menerangi rakyatnya, jebule yo kasbon alias nunggak juga.

Utangmu iku dibayar dulu, baru ngurusin utange negara. Ganti presiden? Anak buahe wae koyok ngene, opo maneh juragane?

#GantirugiListrik2019.

Salam Jemblem.







Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.