Atraksi Seni Budaya Medan Pukau Pengunjung Penutupan PRSU

MAJA BARUS. MEDAN. Atraksi seni dan budaya yang ditampilkan Pemko Medan selaku tuan rumah malam penutupan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) berhasil memukau dua ribuan pengunjung di open stage PRSU Jalan Gatot Subroto Medan [Jumat 16/4: Malam]. Tak satu pun pengunjung yang beranjak meninggalkan lokasi hingga pertunjukan berakhir. Ditambah lagi di penghujung acara, Wakil Wali Kota membagikan 4 tiket menginap gratis di beberapa hotel kepada pengunjung yang beruntung.

Selain memuaskan pengunjung dengan aneka tarian dari multi etnis dan manca negara lewat koregrafi yang menarik, Pemko Medan juga mendapatkan tiga penghargaan pada malam event yang menampilkan seni dan budaya, produk unggulan serta aneka kerajinan tangan dari pelaku UMKM dari masing-masing kabupaten/kota se-Sumut yang berlangsung selama sebulan penuh tersebut.

Ketiga tropi diberikan Gubsu Ir H T Erry Nuradi MSi karena Pemko Medan berhasil keluar sebagai juara pertama Paviliun Terinovatif dan juara kedua Paviliun Terfavorit. Sedangkan satu tropi lagi diberikan sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih karena Pemko Medan sebagai tuan rumah malam penutupan PRSU.

Wakil Wali Kota mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan tersebut. Tentunya penghargaan yang diterima itu semakin memotivasi Pemko Medan untuk terus berkreasi dan melakukan evaluasi sehingga pada event berikutnya bisa meraih penghargaan yang lebih banyak lagi di ajang PRSU.

“Kesenian dan kebudayaan yang kita miliki, sesungguhnya merupakan aset yang sangat berharga untuk terus kita lestarikan. Kita harus percaya diri agar selalu menampilkan kesenian dan kebudayaan kita sendiri, sebab merupakan salah satu cara memperkenalkan karakter dan ciri khas yang kita miliki,” kata Wakil Wali kota.

Mantan anggota DPRD Medan itu berharap, melalui pagelaran yang disajikan dapat menambah wawasan dan daya tarik terhadap warna-warni seni dan budaya daerah, terutama seni dan budaya seluruh etnis yang ada di Kota Medan. “Semoga pertunjukan yang kami sajikan ini dapat menghibur seluruh pengunjung. Di samping itu juga mengajak pengunjung, terutama generasi muda untuk lebih mengenal lebih jauh dan mencintai kesenian dan kebudayaan tradisionil kita,” ungkapnya.

Malam penutupan PRSU ke 47 berlangsung sangat meriah. Selaku tuan rumah, Pemko Medan menampilkan beragam kesenian khas daerah Kota Medan seperti tarian multi etnik yang ada di Kota Medan di antaranya tarian Melayu, Karo, Mandailing, Toba, Simalungun, Angkola, Nias, Minang, Aceh, Jawa, Dairi serta manca negara seperti Tionghoa, Arab dan India.

Tidak hanya itu saja, pengunjung yang hadir juga dipukau dengan suguhan tarian tarian serampang dua belas 4 generasi yang pertama kalinya di pertontonkan dalam PRSU. Sebagai pamungkas pertunjukan, Wakil Wali Kota didampingi Kadis Pariwisata Kota Medan Agus Suriyono memberikan 4 tiket menginap gratis di beberapa hotel kepada pengunjung yang beruntung.

Tidak hanya pengunjung, pertunjukan kesenian dan kebudayaan yang disajikan Pemko Medan juga mengundang decak kagum Gubsu Ir H T Erry Nuradi MSi, Konsul Jendral negara sahabat, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provsu dan Kota Medan, para Bupati/Wali kota se-Sumut, pimpinan perusahaan BUMN serta undangan lainnya.

Gubsu pun mengucapkan terimakasih kepada Pemko Medan yang telah menyelenggarakan malam penutupan PRSU dengan cukup meriah.

“Terima kasih atas atraksi seni dan budaya yang telah ditampilkan Pemko Medan dalam malam penutupan ini. Selanjutnya, saya berharap terus ditingkatkan serta masing-masing perwakilan dari kabupaten/kota untuk menampilkan potensi daerah yang dimiliki, termasuk kesenian dan kebudayaan yang lebih menarik lagi,” pesan Gubsu.







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.