ADINDA DINDA. MEDAN. Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi) mengapresiasi dan mendukung penuh Komunitas Penulis Kota Medan yang memiliki rasa kepedulian tinggi terhadap dunia perbukuan dan literasi di Kota Medan. Hal itu dikatakan oleh Wali Kota pada acara pelepasan Road Show Donasi 1.000 Buku ke Perpustakaan Sekolah di halaman Kantor Wali Kota Medan Jalan Kapten Maulana Lubis Medan [Kamis 26/4].

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Assisten Umum Setdako Medan (H Ikhwan Habibi Daulay), Wali Kota mengatakan, tingkat literasi di Indonesia sampai saat ini masih berada dalam posisi yang sangat rendah. Di tahun 2016 menempati peringkat 60 dari 61 atau nomor dua terendah dan hanya lebih baik dari negara Botswana di Afrika.

“Untuk itu perlu upaya semua pihak agar literasi di Indonesia bisa lebih baik,” kata Ikhwan.

Dikatakan Ikhawan, Donasi 1000 buku karangan jurnalis senior Tania Depari berjudul “Ayo Traveling ke Medan Jelajah 101 Destinasi” untuk mendukung program pariwisata di Kota Medan dan mensosialisasikan program literasi menumbuhkan semangat membaca dan menulis dikalangan siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Medan.

Sementara itu, Ketua Komunitas Penulis Kota Medan (KPM), Tania Depari mengungkapkan, road showmendonasikan 1.000 buku ke perpustakaan sekolah bertujuan mendukung berdirinya perpustakaan sekolah di seluruh Kota Medan yang representative dan memenuhi persyaratan antaralain memiliki koleksi seribu judul buku.

”Kegiatan ini digelar dalam rangka peringatan Hari Kartini dan Hari Pendidikan Nasional,” kata Tania.

Road show buku ini juga berkaitan dengan gerakan literasi sekolah (GLS) di Kota Medan. Melalui kegiatan ini kita mengajak para siswa memiliki budaya gemar membaca dan menulis. Sekaligus menyukseskan program kerja KPM sebagai tagline yaitu Medan Kota Literasi Mari Kita Budayakan.

“Gerakan literasi sekolah memang wajib digalakkan untuk melahirkan generasi berprestasi yang mampu menguasai ilmu dengan baik dan menjalankan kehidupannya menjadi lebih baik dengan muatan budi pekerti yang baik sehingga pembelajaran itu berjalan sepanjang masa,” papar Tania Depari wartawati senior yang juga penulis buku ini.

Tania Depari didampingi oleh Roni Neliati Sekretaris dan  Eli Marlina Wakil Ketua KPM beserta pengurus lainnya menambahkan 1.000 buku yang didonasikan ke perpustakaan sekolah SMP di Kota Medan berjudul Ayo Traveling ke Medan Jelajah 101 Destinasi Wisata. Buku yang memuat tentang kompilasi destinasi wisata Kota Medan ini merupakan buku bacaan ringan yang enak dibaca dan perlu diketahui oleh para siswa.

Dalam kesempatan itu Tania Depari mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk para pemerhati literasi. Mereka memiliki kepedulian yang tinggi sudah ikut berpartisipasi sehingga road show donasi 1.000 buku ini dapat terlaksana dan berjalan dengan baik, terkhusus kepada Walikota Medan Bapak Drs. H.T. Dzulmi Eldin, S. M.Si, Keluarga Tjong Yong Hian Ibu Linda Setiawan, PT. Bank Sumut, Pasar Induk Lau Cih Bang Rayendra Sitepu dan yang lainnya.

“Kegiatan yang kami lakukan takkan berarti apa-apa tanpa dukungan dari para pihak dan para pemilik rasa kepedulian. Semoga ke depannya semakin banyak orang di kota ini yang memiliki rasa dan jiwa  pada kemajuan dan perkembangan literasi Kota Medan Rumah Kita,” ungkapnya.

Road Show Donasi 1.000 Buku ke Perpustakaan Sekolah terselenggara atas prakarsa Komunitas Penulis Kota Medan (KPM) bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan Kota Medan dan  Persatuan Wartawan Pemko Medan. Turut hadir dalam kesempatan itu Ketua Wanita Penulis Indonesia (WPI) Anita Kencana Waty, Penulis/ Wartawan Senior sekaligus Penasehat KPM AS Atmadi, Hj. Erma S. Tarigan penulis/wartawan senior, Kadis Perpustakaan Kota Medan diwakili Kabid Bina Pustaka dan Pengembangan Minat Baca Wahyuni SSTP MSi.


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.