Agama selalu bicara pada wilayah “absolute” sementara ilmu pengetahuan bekerja pada wilayah “skeptic”. Absolutisme tidak bisa dipertanyakan, sementara skeptisisme sebaliknya, bertanya adalah jembatan perantara antara ketidaktahuan dengan pengetahuan.

Jadi, mengapa agama lebih tenang di alam privat? Karena anda tidak perlu repot lagi untuk bertanya.

Jika masih ada keraguan dalam pikiranmu tentang agama, maka lebih baik memilih jalan skeptisisme dimana perkembangan pemahaman terus berlangsung di sana. Di sanalah kekuatan manusia, dengan bertanya dia bisa sampai pada pemahaman maksimal.

200 ribu tahun berjalan di permukaan bumi, manusia telah sampai pada posisi yang luar biasa. Dengan Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dia ciptakan, sanggup memetakan alam semesta.

Aan Duryan Istri dari Carl Sagan, kekuatan terbesar yang kita miliki sebagai manusia adalah rasa ingin tahu dan dari sana kita belajar mempertanyakan banyak hal di sekitar kita dan akan begitu seterusnya. Belajarlah dari hari kemarin, hiduplah untuk saat ini, dan bersemangatlah dalam menghadapi masa depan. Dan, yang paling utama, jangan pernah berhenti untuk belajar.

Bpk Optimis Indonesia Wilayah Bali
Andi Safiah







Advertisements

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.