SkyPower dan Pemerintah Uzbekistan Umumkan Penandatanganan Kontrak Pembelian Listrik Tenaga Surya 1.000 MW yang Bersejarah

0
521

Proyek Listrik Tenaga Surya yang Pertama dan Investasi Asing Langsung yang Terbesar dalam Sejarah Uzbekistan.

WASHINGTON dan TORONTO, 7 Mai 2018 /PRNewswire/ — Pemimpin dunia dalam pelestarian lingkungan dan produksi tenaga surya berskala infrastruktur, SkyPower, telah mengumumkan investasi asing langsung sekitar $1,3 miliar di Uzbekistan untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya 1.000 MW di seluruh negeri. Proyek ini akan mendatangkan investasi asing langsung yang terbesar dalam sejarah Uzbekistan.

Uzbekistan dan SkyPower juga meneken Kontrak Pembelian Listrik (Power Purchase Agreement) yang pertama dalam sejarah negara tersebut.

Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyyoyev juga telah menandatangani sebuah ketetapan yang menandai dukungan penuh pemerintah dan jaminan negara terhadap proyek ini. SkyPower akan menjadi produsen listrik independen pertama dalam sejarah Uzbekistan, bekerja sama dengan perusahaan listrik negara UzbekEnergo. Proyek ini merupakan kemitraan pemerintah dan swasta (PPP) yang pertama antara Uzbekistan dan perusahaan yang sepenuhnya berasal dari Amerika Utara.

François-Philippe Champagne, Menteri Perdagangan Internasional Pemerintah Kanada, mencatat, “Pemerintah memprioritaskan pengembangan cleantech dan sektor energi terbarukan asal Kanada dan mendorong kegiatan ekspor ide-ide dan solusi yang dikembangkan di dalam negeri demi kemaslahatan dunia. Saya gembira melihat pelaku industri seperti SkyPower Global yang membantu kami mewujudkan tujuan tersebut. Kerja sama bersejarah dengan UzbekEnergo dan pemerintah Uzbekistan akan meningkatkan pertumbuhan kawasan tersebut dan menghadirkan keahlian Kanada di sektor yang berkembang pesat ini. Saya memuji tim SkyPower yang bervisi besar!”

Chief Executive Officer SkyPower Kerry Adler bilang, “Masih ada satu miliar lebih penduduk dunia yang tak bisa mengakses layanan energi, dan kami bermisi menghadirkan listrik tenaga surya bagi masyarakat yang paling membutuhkannya. Ini menjadi kerja sama bersejarah yang akan menguntungkan Pemerintah Uzbekistan dan SkyPower, dan kami senang karena bisa membangun instalasi listrik tenaga surya pertama bagi Uzbekistan.

Visi Presiden Mirziyoyev untuk Uzbekistan, bersama komitmen Wakil Perdana Menteri dan kepemimpinan National Project Management Office serta Uzbekenergo, secara bersama-sama telah menggerakkan proyek ini. Uzbekistan ialah negara yang memiliki berbagai peluang besar bagi investor asing di bawah visi pertumbuhan dan ekspansi Presiden Mirziyoyev.”

Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev telah memperoleh pujian atas pendekatan progresifnya dalam pembangunan ekonomi negara, dan proyek SkyPower akan menjadi proyek pembangkit listrik tenaga surya yang pertama di Uzbekistan. Proyek ini akan menyumbangkan sekitar $2,9miliar terhadap produk domestik bruto Uzbekistan dan menciptakan ribuan lapangan pekerjaan. Proyek ini akan menghadirkan 10 persen listrik dari kapasitas energi terbarukan negara tersebut, membantu Uzbekistan mencapai komitmen 2030 Paris Climate, sembari menyediakan listrik bagi penduduk Uzbekistan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.