NATALIE SEMBIRING. MEDAN — Wali Kota  Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi) didampingi Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Kota Medan (Hj Rita Maharani) mencanangkan Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku (Gernas Baku) Tingkat Kota Medan di Sekolah PAUD Bharlind School Jl. Jamin Ginting [Sabtu 5/5].

Dalam pencanangan tesrebut, Wali Kota dan Bunda PAUD sempat mengajarkan anak-anak PAUD belajar membaca dalam ruang kelas.

Melalui pencanangan Gernas Baku, Wali Kota berharap para orangtua dapat membacakan buku kepada anak-anaknya sehingga dapat meningkatkan kembali minat baca sang anak. Di samping itu kuga untuk meningkatkan komunikasi, menyampaikan ide  dan imajinasi anak, serta mempererat hubungan sosial emosi orang tua dengan sang anak.

Dikatakan oleh Wali kota, keluarga memiliki peranan yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak, khususnya kedua orang.




Sebab,  pembentukan potensi, watak dan karakter sang anak dimulai dari kedua orang tua.

“Salah satu pembentukan potensi anak bisa dimulai dari kegiatan gerakan orang tua membacakan buku,” kata Wali kota.

Untuk itulah Wali Kota mengajak seluruh orang tua agar mulai saat ini, membiasakan diri membacakan buku atau menceritakan dongeng kepada anaknya masing-masing. Diingatkan Wali Kota, gadget saat ini menjadi musuh utama orang tua. Pasalnya,  gadget dapat menumbuhkan jiwa-jiwa apatis terhadap diri anak maupun orang tua.

“Jadi untuk mencegah anak agar tidak terus berkutat dengan gadget-­nya, saya mengajak para orang tua agar dapat meluangkan waktunya membacakan buku kepada anaknya amsing-masing,” pesannya.

Selanjutnya papar Wali kota, selain orang tua, peran  para guru juga dapat menumbuhkembangkan potensi anaks esuai dengan minat dan bakatnya agar tercipta lingkungan aman dan nyaman. Oleh karenanya diperlukan sinergitas antara guru dan orang tua  dalam membimbing sang  anak.

“Dengan sinergitas yang dilakukan tersebut, insha Allah akan lahir jembali generasi muda yang diharapkan kontribusinya kelak bagi pembangunan di Kota Medan,” paparnya dihadapan sejumlan pimpina  OPD di lingkungan Pemko Medan.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Wali kota mengajak stakoholder terkit, terutama orang tua dan  guru agar turut mensukseskan program  Gernas Baku. Apabila seluruh orang tua mendukung Gernas Buku ini, mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan itu optimis mutu dan kualitas pendidikan di Kota Medan akan menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Usai memberikan arahan sekaligus mencanangkan Gernas Baku, Wali Kota bersama Bunda PAUD selanjutya meninjau ruangan. Di saat peninjaunan tengah berlangsung, anak-anak PAUD tengah belajar dalam ruangan kelas. Wali Kota dan Bunda PAUD selanjutnya memanfaatkan momen tersebut untuk mengajarkan membaca kepada para siswa.




Sebelumnya, Bunda PAUD Kota Medan Hj Rita Maharani berharap melalui  pencanangan Gernas Baku  tersebut akan memotivasi anak-anak untuk gemar mermbaca buku sehingga nantinya terbaiasa membaca buku. Di smaping itu juga Gemar Baku juga dapat dijadikan gaya hidup.

“Agar anak-anak kita termotivasi baca buku, ayah dan bunda haru mencontohkannya terlebih dahulu disertai dengan pendampingan yang baik. Apabila anak-anak kita rajin membaca, tentunya wawasan pengetahuan dan berfikir mereka akan bertambah dan semakin luas sebagai bekal masa depan mereka,” harap Hj Rita Maharani.




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.