Kepengurusan Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan 2017-2018 Dikukuhkan

SALMEN SEMBIRING. MEDAN. Wakil Wali Kota Medan (Ir H Akhyar Nasution MSi) mengukuhkan kepengurusan Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan periode 2017-2019 di Balai Kota Medan kearin [Senin 7/5]. Dengan pengukuhan yang dilakukan, Wakil Wali kota berpesan agar seluruh wartawan yang bertugas di lingkungan Pemko Medan dapat bersatu padu dan menjalankan  fungsinya sebagai jurnalis sekaligus social control di tengah masyarakat.

Pengukuhan ini dilakukan berdasarkan  hasil Rapat Akbar  Wartawan Unit Pemko Medan di ruang Rapat III Kantor Wali Kota [Kamis 12/4]. Rapat Akbar itu menghasilkan keputusan melanjutkan kepengurusan Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan periode 2017-2019 di bawah kepemimpinan Muhammad Edison Ginting dari Harian Waspada.




Di hadapan seluruh pengurus yang dilantik, Wakil Wali Kota berharap agar para pengurus semakin amanah dalam menjalankan roda organisasi ke depannya. Di samping itu menjadi mitra terbaik Pemko Medan dalam memberitakan program kerja hingga pembangunan  yang akan, sedang dan telah dilaksanakan oleh Pemko Medan.

“Walaupun disebutkan sebagai wartawan yang ditugaskan di lingkungan Pemko Medan, saya selaku kepala penyelenggara pemerintahan dan pembangunan beserta seluruh jajaran tidak akan melakukan interventi terhadap pemberiataansaudara-saudara,” kata Wakil Wali Kota membacakan podato tertulis Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi).

Dikatakan oleh Wakil Wali kota, perlu disadari bersama bahwa pers yang sehat merupakan salah satu indikasi tercapainya pelaksanaan demokrasi yang sehat. Begitu pentingny pers dalam kehidupan berbangsa, jelas Wakil Wali kota, sehingga pers dijadikan salah satu pilar dari empat pilar demokrasi dan pembangunan.

“Saya berharap melalui momentum pengukuhan ini, saya berharap kita  menjadi mitra yang saling mengisi dan  saling mengkritik demi perubahan ke arah yang lebih baik dan menjadi control socialterbaik bagi Pemko Medan,” pesannya.

Selanjutnya di hadapan sejumlah pimpinan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) yang menghadiri acara pengukuhan seperti  Kadis Ketahanan Pangan Muslim Nasution, Kadis Perpustakaan dan Arsip Darusalam Pohan, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Zulkarnain,  Kasatpol PP M Sofyan, Staf  Ahli Wali kota Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pulugan Harahap dan Kabag Humas Ridho Nasution, mantan anggota DPRD Medan itu mengingatkan agar selalu membuak tangan maupun akses seluas-luasnya kepada rekan-rekan pers untuk kepentingan pemberitaan.

“Ingat, kita merupakan badan publik yang bertanggungjawab dalam keterbukaan informasi kepada khalayak,”  ungkapnya.

Di penghujung arahannya, Wakil Wali Kota  mengucapkan selamat bekerja kepada Ketua Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan  beserta seluruh jajaran pengurus. Pasca pengukuhan dilakukan, ketua dan pengurus langsung membuat rancangan program kerja secara matang sehingga dapat meningkatkan peran serta organisasi dalam pembangunan Kota Medan.

Sebelum pengukuhan dilakukan Wakil Wali Kota, Lilik Riyadi dari Harian Top Metro selaku  Dewan Pertimbangan  Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan  membacakan Surat Keputusan No.01/PW-UPM/SK/IV/2018 tanggal 19 April 2018 tentang Susunan dan Struktur Kepengurusan Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan periode 2017-2019.

Setelah itu Wakil Wali Kota mengukuhkan Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan. Pengukuhan ditandai dengan penandatanganan Surat Keputusan (SK) Pengukuhan serta dilanjutkan dengan penyerahan SK Pengukuhan kepada Muhammad Edison Ginting.




Sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan, Ginting selanjutnya memakaikan kemeja Persatuan Unit Pemko Medan kepada Wakil Wali Kota. Acara dipungkasi dengan foto bersama Wakil Wali Kota dengan ketua beserta pengurus Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan.

Sementara itu menurut Ketua Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan (Muhammad Edison Ginting), pasca pengukuhan yang dilakukan Wakil Wali Kota Medan, dia berharap agar wartawan yang bertugas di lingkungan Pemko Medan dapat menjadi mitra Pemko Medan berita-berita pembangunan demi mewujudkan Medan Rumah Kita  dengan tetap menjalankan fungsinya sebagai social control  di tengah masyarakat.

“Saya berharap dengan pengukuhan ini, kita semakin solid dan tidak terpecah satu sama lain. Untuk mewujudkan hal itu, tentunya saya tidak bisa sendiri dan kita semua harus bersatu di bawah naungan organisasi Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan,”  ungkap Ginting.







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.