JUARA R. GINTING. LEIDERDORP. Musim panas menjelang dan beberapa terakhir ini cuaca sangat cerah di Belanda. Para mahasiswa Universits Leiden langsung menyempatkan diri berlatih olahraga mendayung di sebuah sungai buatan (kanal), Sungai Wetering, yang melintasi arena olahraga Bloemerd di Gemeente Leiderdorp.

Arena olahraga ini adalah sebuah areal hutan buatan yang luas yang di dalamnya terdapat berbagai lapangan olahraga terbuka (spt. sepakbola, hockey, volley pantai, berkuda) maupun lapangan olahraga tertutup seperti volley, bola basket, dan badminton). Di areal hutan yang sama terdapat juga tempat bertani untuk anak-anak dan untuk orang dewasa. Ada juga organisasi oangtua lanjut usia beternak madu lebah sambil membimbing anak-anak SD bertani sayur.

Sungai buatan itu menghubungkan Leiderdorp dengan daerah-daerah lain di Belanda sehingga sering juga dilalui kapal-kapal kecil dari orang-orang yang berpesiar menikmati cerahnya mentari. Tapi, sungai ini menjadi tempat penting untuk organisasi olahraga mendayung dari Universitas Leiden, terutama dalam mempersiapkan para pendayung mereka mengikuti kuajaran nasional dan internasional.

Kebetulan memang Universitas Leiden sangat disegani di tingkat nasional maupun internasional dalam hal olahraga mendayung. Video di bawah ini memperlihat salah satu bagian latihan yang dilakukan oleh Universitas Leiden di sungai ini dengan instruksi-instruksi pelatih dari jalan tepi sungai.







Leave a Reply