HELEN TARIGAN. BERASTAGI. Hari ini [Kamis 10/5] cuaca cerah di Pasar Roga. Seperti biasanya, pasar ini selalu ramai dan padat, terlebih cuaca yang seharian cerah mendukung para petani di sekitar Berastagi memanen tanamannya.

Harga yang mengalami kenaikan melonjak bila dibandingkan dengan beberapa hari belakangan adalah wortel.

Harga wortel hari ini Rp. 60 ribu/ball. Satu ballnya terdiri dari 20 kg. Berarti Rp. 3 ribu// Kg.  Kenaikan harga wortel dikarenakan stok wortel menurun dan gudang pengiriman ke Jakarta pun sudah beroperasi lagi. Sebelumnya gudang/ pengiriman wortel sempat tidak beroperasi di sebabkan banjir yang melanda Pulau Jawa.




Dalam hal pengemasan wortel, sudah mengalami perubahan bila dibandingkan beberapa tahun lalu. Dulu, wortel dikemas dengan ukuran ball yang besar. Namun, belakangan ini cenderung dikemas dengan ball ukuran 20 kg/ ballnya karena ada perbedaan harga antara ball besar dan ball 20 kg. Bila kualitas barang sama, maka wortel yang dikemas di ball besar dihargai Rp. 2 ribu/kg, sedangkan ball kecil mencapai Rp. 3 ribu/kg. Perbedaan harga ini membuat para petani lebih tertarik mengemas wortelnya dengan ball berukuran isi seberat 20 kg.

Sebelumnya wortel ini hanya seharga Rp. 1.000 – 1.500/Kg, bahkan banyak wortel yang tidak dipanen karena rendahnya pemasaran dan hasil panen yang melimpah.

Adapun harga sayur mayur lainnya hari ini dalah sebagai berikut.

Tomat Rp. 4.500/ kg

Cabe merah Rp. 26.500/ kg

Cabe hijau Rp. 12.000/ kg

Kentang Rp. 4000/ kg

Labu kuning (Jambe) Rp. 2000/ kg

Terong antaboga Rp. 2.500/ kg

Buncis Rp. 4.000/ kg

Wortel Rp. 3000/ kg.







Leave a Reply