Kolom Muhammad Riza: HARI INI 20 TAHUN LALU (Gugurnya 4 Pahlawan Reformasi)

0
319




Hari ini tepat 20 tahun yang lalu, 4 laki-laki muda Pahlawan Reformasi dari mahasiswa Universitas Trisakti yang gugur pada saat aksi damai memperjuangkan reformasi di halaman kampus A – Grogol, Jakarta Barat. Mereka adalah: Elang Mulia Lesmana (FTSP, Arsitektur (1996), Heri Hertanto (FTI, Teknik Mesin 1995), Hafidin Royan (FTSP, Teknik Sipil 1995) dan Hendriawan Sie (Fakultas Ekonomi 1996).

Bismillahirrahmanirrahim. Al Fatihah….. Amiin.

Ya, Allah, Tuhan Yang Maha Esa. Kami persembahkan puji dan syukur ke hadirat-Mu, atas segala rahmat dan karunia-Mu. Pada hari ini kami memperingati gugurnya Pahlawan Reformasi. Semoga mendapat curahan rahmat dan ridha-Mu.




Ya, Allah Tuhan Yang Maha Penyayang. Kami mohon kepada-Mu, ya Allah, terimalah persembahan dharma bhakti mereka. Tidak saja sebagai pengabdian kepada Tanah Air, Bangsa dan Negara, tetapi juga sebagai pengabdian dan ibadah kepada-Mu. Sesuai dengan janji-Mu, lipatkanlah pahala mereka, curahkanlah rahmat dan ampunan-Mu kepada mereka. Terimalah mereka disisi-Mu.

Ya, Allah Tuhan yang Maha Kuasa. Jadikan kami sebagai anak bangsa yang pandai mensyukuri nikmat-Mu dan tahu menghargai serta berterimakasih kepada para Pahlawan Bangsa. Hiasi diri kami dengan perilaku terpuji dan nilai-nilai pengabdian dan kepahlawanan, serta jauhkan diri kami dari sifat dan perilaku yang tercela.

Ya, Allah Tuhan Yang Maha Memberi Petunjuk. Sadarkan hati kami, bahwa Era Reformasi yang kami nikmati hari ini adalah hasil jerih payah, cucuran keringat dan tetesan air mata serta tumpahan darah para Pahlawan Reformasi yang telah gugur maupun yang masih hidup. Oleh karena itu, ya Allah. Tunjukkan kami jalan yang benar dan berilah kami kekuatan serta petunjuk-Mu dalam melanjutkan perjuangan mereka serta mewujudkan cita-cita para pahlawan pendiri bangsa pendahulu kami demi pembangunan negeri tercinta.

Ya, Allah Yang Maha Bijaksana, jadikanlah kesempatan hari ini sebagai momentum menyatukan gerak langkah segenap anak bangsa, dalam rangka meningkatkan kesetiakawanan nasional dan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Ya, Allah Yang Maha Pengampun, ampunilah dan maafkanlah kekhilafan dan dosa kami, para pemimpin kami, kedua orang tua kami, guru-guru kami serta para pahlawan kami.

Amiin, Yaa Robbal Alamiin.







Leave a Reply