[Sirulo TV] Bloemerd, Sebuah Park Unik di Nederland

0
696

JUARA R. GINTING. LEIDERDORP. Home base SORA SIRULO di Belanda terletak di Kota Leiderdorp, Provinsi Zuid Holland (Holland Selatan). Kota ini lumayan unik.

Leiderdorp adalah salah satu diantara beberapa kota satelit yang mengelilingi Kota Leiden, ibukotanya Provinsi Zuid Holland, yang juga merupakan kota pelajar.




Di Leiderdorp ini ada sebuah park bernama Bloemerd. Ada berbagai lapangan olahraga alam terbuka di dalam park ini; 3 lapangan sepakbola yang rumputnya terbuat dari plastik, 2 lapangan sepakbola dengan rumput asli (salah satunya sekaligus sebagai stadion kota ini), 4 lapangan hockey, beberapa lapangan volley pantai, beberapa lapangan bola keranjang, dan tempat olahraga berkuda.

Ada juga gedung olahraga tertutup untuk senam, volley, basket, bulu tangkis, dan menembak. Ada satu tempat senam fitness yang digabung dengan latihan-latihan yoga, taekwondo, maupun karate dimana pelatihnya pernah meraih gelar juara dunia dalam taekwondo, karate, dan thai boxing.

Ada beberapa tempat bermain untuk anak-anak kecil, remaja dan tempat nongkrong sambil bermain bola basket di lapangan terbuka.

Ada tempat berkebun untuk menanam sayur mayur kebutuhan sehari-hari. Di Musim Dingin menanamnya di rumah kaca, tapi seperti sekarang di Musim Panas, orang-orang sudah mulai aktif menanam di luar rumah kaca.

Diantaranya, tumbuh pepohonan dan semak belukar yang merangkul seluruh park menjadi sebuah kesatuan hutan yang indah, teduh dan nyaman sekali.

Tak kalah uniknya, sebuah sungai buatan hasil kerukan (kanaal) melintasi pinggiran park ini. Di Musim Panas begini banyak kapal berseliweran menuju danau buatan yang tidak jauh dari sini. Nantinya, di sore hari, kapal-kapal itu kembali dari danau menuju Kota Leiden atau ke rumah masing-masing di Leiderdorp. Di saat itu pula, para olahragawan berdayung mulai berlatih.

Liputan Sirulo TV kali ini memfokus bagaimana olahraga berdayung aktif di sungai buatan ini. Selamat menyaksikan.







Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.