NATALIE SEMBIRING. MEDAN – Mahasiswa Universitas Sumatera Utara, Fakultas Ilmu Budaya, Jurusan Etnomusikologi, yang memiliki nama lengkap Ainal Syabri (21) ini merupakan salah satu mahasiswa berprestasi yang sudah menorehkan banyak prestasi sejak ia berusia 12 tahun.

Prestasi-prestasi ini tidak hanya berskala provinsi, namun juga berskala nasional dan internasional.

Ainal membawa kearifan lokal tempatnya berasal, yaitu budaya Minangkabau, ke mana pun ia pergi. Ia mempertontonkan seni tari dan seni musik khas Minangkabau kepada pecinta seni di Thailand, Malaysia, juga banyak kota besar di Indonesia. Tidak heran jika ia memiliki ratusan penghargaan dari berbagai kegiatan seni yang telah ia tekuni selama ini.




Selain menjadi mahasiswa dan aktor seni, saat ini ia aktif mengajar sebagai asisten dosen di Universitas Sumatera Utara, Fakultas Ilmu Budaya, untuk terus membagikan ilmunya tentang kebudayaan khas Minangkabau. Ia juga tergabung dalam grup musik Arunika, dimana seluruh personilnya menggunakan alat musik tradisional dalam kegiatannya.

Saat ditanya ingin menjadi apa di masa mendatang, Ainal berkata ia ingin terus melanjutkan studinya dan menjadi pengajar budaya yang handal, yang dapat terus memperkenalkan kearifan lokal kepada generasi-generasi mendatang.

“Ingin melanjutkan studi, kalau bisa sampai jenjang S3, menjadi dosen dan terus mengajarkan budaya kepada orang lain,” ujarnya saat ditanyai oleh salah satu penyiar radio lokal di Medan saat ia sedang mengisi program di radio tersebut.

FOTO HEADER: Ainal sebagai pemusik di acara Pagelaran Budaya Minangkabau IMIB USU







Leave a Reply