WAKIL WALI KOTA BERSAFARI SUBUH

MAJA BARUS. MEDAN — Wakil Wali Kota Medan melakukan Safari Subuh di Masjid Al Waqif Jalan Sempurna, Kelurahan Sudirejo (Medan Kota) [Sabtu 26/5]. Selain sahur bersama dengan ratusan warga sekitar, Safari Subuh juga diisi dengan Shalat Subuh berjamaah serta tausiah yang disampaikan Al Ustadz Drs H Akhyar Nasution LC MA.

Safari Subuh merupakan kegiatan rutin yang digelar Pemko Medan setiap bulan suci Ramadhan tiba. Wali Kota dan Wakil Wali Kota bersama sejumlah pimpinan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan mendatangi sejumlah masjid di Kota Medan secara bergilir.




Di samping ingin lebih dekat dengan masyarakat, melalui Safari Subuh baik Wali Kota maupun Wakil Wali Kota dapat lebih leluasa dalam berbagi informasi pembangunan kepada warga. Begitu juga sebaliknya, warga saat ini bisa menggunakan banyak media dalam menyampaikan aspirasi pembangunan.

“Tidak hanya melalui Safari Subuh, Pemko Medan juga melaksanakan Safari Ramadhan untuk mendekatkan diri sekaligus menyerap aspirasi dari warga. Di samping itu Pemko Medan juga sudah membuka akses melalui rembuk warga yang nantinya dapat menyerap keinginan masyarakayt hingga lini kelurahan sampai lingkungan,” kata Wakil Wali Kota.

Dalam pertemuan dengan warga Kecamatan Medan Kota tersebut, Wakil Wali Kota selanjutnya mengajak semua untuk memeprkuat komitmen dan meningkatkan partisipasi dalam mendukung program pembangunan. Dukungan itu dapat diwujudkan dalam bentuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

Lalu tambah Wakil Wali Kota lagi, mengaktifkan kembali Siskamling, sebab menjaga keamanan tidak bisa hanya mengandalkan aparat kepolisian. Oleh karenanya mantan anggota DPRD Medan minta agar setiap lingkungan memiliki Siskamling mandiri.

“Siskamling mandiri ini sangat penting, sebab yang mengetahui masalah lingkungan, termasuk keamanan adalah warga sendiri, bukan orang lain. Jadi marilah kita aktifikan Siskamling kembali,” ajaknya.

Kemudian Wakil Wali Kota juga mengajak masyarakat untuk menjaga diri dan keluarganya agar tidak terlibat dengan narkoba. Ditegaskannya, peredaran narkoba saat ini sudah dalam tahap mengkhawatirkan sehingga senantiasa mengincar mangsa untuk menjadi korbannya.

“Ayo, kita jauhi dan perangi narkoba. Ingat, tidak ada pengguna narkoba yang bisa berprestasi,” pesannya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Wakil Wali Kota mengajak warga sekitar untuk terus melaksanakan Shalat Subuh berjamaah di masjid, tidak hanya di bulan Ramadhan tetapi terus dilakukan secara berkesinambungan di bulan-bulan lainnya sehingga dapat menjadi rutinitas bagi semua masyarakat dalam upaya memakmurkan masjid.




Meski hujan sempat mengguyur namun pelaksanaan Safari Subuh, terutama sahur bersama berjalan dengan lancar. Wakil Wali Kota didampingi Kasatpol PP Kota Medan M Sofyan, Camat Medan Kota Edi Mulia Matondang, Kabag Humas Ridho Nasution beserta lurah dan jajaran Kecamatan Medan Kota pun menampung aspirasi masyarakat.

Dari sejumlah keluhan yang disampaikan, warga sangat berharap agar segera dilakukan perbaikan lampu jalan yang mati. Kondisi itu membuat Jalan Sempurna gelap sehingga rentan terjadinya tindak kejahatan. Usai menerima keluhan warga, Wakil Wali Kota selanjutnya menghubungi OPD terkait untuk segera mengatasinya.

“Mungkin dalam waktu dekat ini masalah lampu jalan banyak yang mati segera diatasi. Mudah-mudahan perbaikan yang dilakukan dapat meminimalisir tindak kejahatan yang terjadi di kawasan ini,” harapnya.

Selesai sahur dilanjutkan dengan Shalat Subuh berjamaah. Setelah itu Wakil Wali Kota memberikan santunan kepada 100 anak yatim piatu sekaligus bantuan sebesar Rp.40 juta. Bantuan itu diterima langsung Ketua BKM Masjid Al Waqif H Said Astachri Koto. Wakil Wali kota berharap bantuan itu dapat dipergunakan, terutama membantu biaya perbaikan masjid yang tengah berjalan sekaligus untuk kemakmuran masjid.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.