Kolom Andi Safiah: MENGKRITIK PRESIDEN

0
351

Jokowi itu Presiden Indonesia. Kalau ada yang melancarkan kritik terhadap kebijakannya sebagai kepala negara maupun kepala pemerintahan buat saya adalah sebuah kewajaran dalam ruang demokrasi.

Bagi para pendukung Jokowi, disarankan untuk tidak bereaksi yang berlebihan, apalagi harus salto karena pujaannya dikritik.




Justru inilah arena terbaik untuk menjelaskan di mana sisi lemah maupun sisi terbaik dari Jokowi. Melawan kritik dengan mengajukan data-data pencapaiaan kerja akan lebih baik daripada sekedar melakukan pembelaan brutal.

Di sisi lain, Jokowi juga jelas punya banyak pekerjaan rumah yang harus dia bereskan sebagai tugas konstutusional. Semua masalah bangsa ini perlu didekati dengan cara-cara konstitusional, bukan dengan cara-cara illegal yang tidak konstiutusional.

Rumit, tentu saja iya. Apalagi rakyat Indonesia terkenal dengan sisi religiusitasnya yang sangat dominan, disentil dikit langsung salto.

Jadi, solusinya memang tidak lain harus revolusi konstitusional. Duduk bersama dan rumuskan masa depan Indonesia yang lebih tegas. Jangan lagi ada rebutan dominasi di atas bendera Indonesia apalagi atas nama agama.

#KarenaKitaIndonesia!







Leave a Reply