MAJA BARUS. MEDAN – Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi) bersama Wakapolri (Komjen Pol Drs Syafruddin MSi) meresmikan Masjid Al Muslimin di Jl. Bunga Raya, Kelurahan Asam Kumbang (Medan Selayang) [Minggu 3/6: Sore]. Selain menjadi tempat beribadah, kehadiran Masjid Al Muslimin diharapkan dapat menjadi wadah membangun silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah.

Peresmian masjid ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita yang dilakukan Wali Kota dan Wakapolri selaku Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia. Setelah itu Wali Kota bersama Wakapolri meninjau areal Masjid Al Muslimin yang cukup luas tersebut.




Ratusan masyarakat, alim ulam serta anak yatim yang sengaja diundang menyaksikan langsung peresmian Masjid Al Muslimin tersebut. Di samping itu peresmian juga turut dihadiri Kapoldasu (Irjen Pol. Drs Paulus Waterpauw), Wakapoldasu (Brigjen Pol Drs Agus Andrianto SH) serta Kapolrestabes Medan (Kombes Pol Dadang Hartanto) dan pengurus Pimpinan Pusat Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia.

Dikatakan oleh Wali Kota, walaupun telah berdiri kokoh namun Masjid Al Muslimin masih membutuhkan bantuan dan kepedulian masyarakat. Untuk itu Wali Kota mengajak masyarakat agar menyisihkan sebagian rezekinya untuk terus menata masjid.

“Insha Allah, rezeki yang kita sisihkan ini akan berfungsi sebagai bekal untuk bangunan istana kita di surga kelak,” kata Wali Kota.

Sebagai muslim yang baik, kata Wali Kota, tentunya akan mencintai masjid lebih dari pada mencintai rumahnya sendiri. Bahkan di masa lalu, Rasullah dan para sahabat menjadikan masjid sebagai lokasi favorit untuk berkumpul. Masjid dijadikan mercu suar yang mampu menerangi jalan umat agar tidak tersesat pada gemerlapnya pesona dunia.

“Kita berharap, masjid ini dapat pula berfungsi sebagai mercu suar tersebut sehingga dapat memperkuat fondasi keislaman di sanubari setiap muslim di Kota Medan,” harapnya.




Sementara itu Wakapolri Komjen Pol Drs. Syafruddin MSi berharap agar Masjid Al Muslimin ini tidak saja menjadi tempat beribadah, namun sesuai dengan salah satu program unggulan Dewan Masjid Indonesia yakni bisa mewujudkan pemberdayaan ekonomi berbasis masjid.

Selanjutnya ungkap Wakapolri, melihat luasnya lahan dan halaman Masjid Muslimin tersebut, dia menilai ada dua program yang dapat dijalankan yakni wisata religi berbasis masjid dan pemberdayaan ekonomi dengan melaksanakan bazar kuliner.

“Di samping itu saya juga mengingatkan bahwa masjid juga harus dapat menjadi wadah untuk membangun silaturahmi dan ukhuwah islamiyah. Serta menjadi tempat kedamaian dan perlindungan bukan saja bagi umat Muslim, namun juga umat lain,” pesan Wakapolri.

Peresmian Masjid Al Muslimin ini juga dirangkaikan dengan pelantikan pengurus Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia Sumut. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak yatim serta buka puasa dan Shalat Maghrib berjamaah.



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.