JEBTA B. SITEPU. SARMI. Gempa tektonik dengan kekuatan 5.7 SR mengguncang wilayah Kabupaten Sarmi tadi pagi [Jumat 16/6: pukul 07.57 WIB]. BMKG melaporkan, gempa bumi ini dengan episenter terletak pada koordinat 1.93 LS dan 138.93 BT, atau tepatnya berlokasi di laut dekat pesisir pada jarak 67 km arah Barat laut Sarmi (Provinsi Papua) pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak gempa bumi ini termasuk klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Pasifik di New Guinea Trench di sebelah Utara Jayapura.

Hasil analisis BMKG, mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dipicu oleh penyesaran miring yang merupakan kombinasi antara pergerakan mendatar dan naik (oblique-thrust). Gempa tidak berpotensi tsunami. Warga di sekitar Sarmi merasakan guncangan yang kuat selama 2-3 detik. Mereka panik dan berhamburan keluar rumah.

Laporan sementara dari BPBD Kabupaten Sarmi terdapat 3 orang luka berat akibat tertimpa reruntuhan rumah. Sebanyak 118 unit rumah rusak yaitu 86 unit rumah rusak berat dan 32 unit rumah rusak ringan. BPBD Kabupaten Sarmi mengerahkan tim reaksi cepat untuk melakukan pendataan.

Kendala utama adalah jarak dan jalan menuju ke lokasi terdampak dalam keadaan rusak berat sehingga menyulitkan tim reaksi cepat untuk melakukan pendataan dan mendistribusikan bantuan. Jarak antar distrik saling berjauhan dan aksesnya terbatas.

Pendataan masih dilakukan oleh BPBD. Posko BNPB terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Sarmi.

FOTO HEADER: Harian Nasional







Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.