JEBTA B. SITEPU. MENTAWAI — Gempa beruntun mengguncang wilayah Mentawai (Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumbar) [Rabu 13/6 – Kamis 14/6]. BMKG melaporkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (after shock) sebanyak 12 kali di Kepulauan Mentawai pasca gempa dengan kekuatan 5,8 SR [Rabu 13/6 pukul 06.08 WIB].

Episenter gempa terletak pada koordinat 2,0 LS dan 98,76 BT, tepatnya berlokasi di laut pada jarak 90 km arah barat Kota Tua Pejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai (Sumatera Barat) kedalaman 13 km.




Gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera.

“Gempa dirasakan lemah oleh penduduk Mentawai. Bahkan beberapa gempa susulan tidak dirasakan guncangannya. Tidak ada korban jiwa dan kerusakan akibat gempa di Mentawai. Aktivitas masyarakat berjalan dengan normal. BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai terus melakukan pemantaua dan sosialisasi kepada masyarakat,” tutup Sutopo mengakhiri pesan siarannya.







Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.